KEGIATAN SENI JADI SOLUSI

Stres Pada Anak Meningkat Selama Pandemi

Kesehatan | Jumat, 26 November 2021 - 20:05 WIB

Stres Pada Anak Meningkat Selama Pandemi
Ilustrasi. Stres pada anak-anak harus ditangani. Salah satunya adalah melalui pendekatan art terapi atau kegiatan seni. (DITE SURENDRA/JAWA POS)

BAGIKAN



BACA JUGA


JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Dampak pandemi Covid-19 tidak hanya dirasakan oleh orang-orang dewasa. Tetapi juga pada anak-anak. Psikolog keluarga dan anak Samanta Elsener mengatakan, akibat pandemi ini, jumlah anak-anak yang mengalami stres meningkat 95 persen.

Keterangan tersebut dia sampaikan dalam diskusi peluncuran program Creative Digital Pod di Jakarta secara virtual. "Satu dari lima anak di dunia mengalami stres di masa pandemi. Penelitian November 2020 menyebutkan terjadi peningkatan 95 persen anak-anak di Indonesia mengalami stres," kata Samanta dalam keterangannya.


Sebagai seorang psikolog yang fokus di kalangan keluarga dan anak, stres pada anak-anak tersebut harus ditangani. Salah satunya adalah melalui pendekatan art terapi atau kegiatan seni. Seperti menggambar, melukis, mewarnai, atau lainnya. Menurut dia dengan kegiatan seni itu, bisa membuat anak-anak kembali memiliki kepercayaan diri.

"Menggambar itu mudah. Bisa mengatasi rasa kesepian," katanya.

Kegiatan menggambar, melukis, dan mewarnai bisa dijadikan selingan yang menyenangkan di tengah kegiatan belajar online atau sekolah dari rumah. Samanta mengatakan kegiatan seni bisa membiasakan anak-anak memiliki banyak perspektif.

Selain itu, dengan kegiatan melukis atau menggambar, bisa menciptakan perasaan tenang dan sabar. Kemudian mengurangi kecemasan atau stres. Dia menegaskan kegiatan seni menggambar, melukis, atau mewarnai tidak ada batasan usia. "Bisa dilakukan oleh orang-orang dewasa juga," tuturnya.

Sementara itu Head of Strategic Communication and Brand UOB Indonesia Maya Rizano mengatakan, kegiatan seni juga memiliki dampak sosial tinggi untuk anak-anak. Di antara manfaatnya adalah bisa membangun kepekaan serta pemikiran yang terbuka dan toleransi. Maya mengatakan di dalam dunia seni tidak ada salah atau benar.

Bank BJB

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB THAWALIB 2022

TERBARU


EPAPER RIAU POS  2022-01-17.jpg


OPINI

Atan Sengat 2022-01-04 08:46:19
Chaidir (Tokoh Masyarakat) Welcome Home Irjen Iqbal 04 Januari 2022



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com