EPIDEMI VIRUS

Pemprov Diminta Peduli Masyarakat Riau di Wuhan

Kesehatan | Senin, 27 Januari 2020 - 01:09 WIB

Pemprov Diminta Peduli Masyarakat Riau di Wuhan
ADE HARTATI. (AFIAT ANANDA/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Wabah virus corona yang menyebar di sejumlah wilayah Asia Tenggara mulai mengkahwatirkan. Laporan terakhir menyatakan sudah ada korban tewas akibat virus tersebut.

Saat ini, pemerintah Cina telah mengambil langkah dengan melakukan isolasi terhadap Kota Wuhan di Provinsi Hubei, untuk antisipasi penyebaran virus.


Menanggapi hal itu, Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati, meminta dengan tegas agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melakukan pendataan terhadap warga Riau yang masih berada di Wuhan. Sebab, dari informasi yang ia terima ada beberapa mahasiswa asal Riau yang masih berada di Wuhan.

“Informasi yang saya terima ada 5 orang warga Riau yang masih berada di sama. 4 di antaranya merupakan mahasiswa yang sedang melaksanakan studi S2 dan 1 orang anak-anak,” sebut Ade kepada Riaupos.co, Ahad (26/1/2020).

Menurut dia, Pemprov Riau seharusnya memiliki peran dalam memastikan keamanan warganya yang sedang mengalami persoalan serius di luar negeri. Ia mengambil contoh beberapa provinsi yang telah mengambil tindakan untuk melindungi warganya di Wuhan. Seperti Aceh, yang memastikan bakal menanggung seluruh biaya yang dikeluarkan warganya selama masa darurat di Wuhan.

“Saya juga mendapat informasi dari seorang saudara disana, dimana kondisi kota Wuhan terkini sangat sepi. Bahkan stok makanan hampir habis. Tentunya peran pemerintah kita harus aktif,” sebut Ade.

Masih dikatakan Ade, Pemprov Riau seharusnya tidak menyerahkan sepenuhnya persoalan tersebut kepada KBRI di sana. Setidaknya, ada upaya untuk menjalin komunikasi dengan warga Riau di sana sebagai bentuk perhatian nyata dari Pemprov Riau.

Laporan: Afiat Ananda
Editor: Hary B Koriun








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-26.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com