Video Perampokan di Malaysia

Kick Out Hoax | Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:07 WIB

Video Perampokan di Malaysia
(Facebook Jimmy Joel)

Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria merampok toko emas di mal belakangan ramai tersebar. Video itu makin menarik perhatian karena disebut-sebut terjadi di Pematang Siantar, Sumatera Utara (Sumut). Padahal, perampokan toko emas tersebut terjadi di luar negeri.

"Perampokan toko emas di mal, Pematang Siantar, Prov Sumut… dgn tenang dan pedenya," tulis akun Facebook Jimmy Joel (bit.ly/RampokToko) pada 4 Desember 2019.


Selain di Facebook, video itu beredar di YouTube. Cukup mengetik kata kunci "Perampokan Toko Emas Pematang Siantar", belasan kanal telah mengunggah video serupa.

Video yang diunggah Jimmy Joel tersebut berasal dari rekaman closed circuit television (CCTV) toko. Tampak jelas pelaku perampokan seorang diri itu terbilang nekat. Berbekal helm penutup wajah dan senjata api, entah sungguhan atau tidak, dia berhasil membuat dua penjaga toko lari menyelamatkan diri. Si perampok lantas menghancurkan etalase perhiasan emas dengan kapak, lalu menguras isinya dengan cepat.

Rekaman CCTV tersebut menyoroti seluruh isi ruangan. Tidak terkecuali banner yang memuat tulisan nomor handphone. Netizen yang jeli tentu tidak langsung percaya jika aksi itu terjadi di Pematang Siantar. Sebab, digit awal nomor tersebut bukan khas nomor Indonesia.

Memanfaatkan situs padanan gambar, cuplikan video dengan keterangan yang lebih jelas diunggah kanal YouTube milik Astro Awani. Kalimat dalam judul khas bahasa Malaysia. Yakni, Polis temui bukti kenal pasti suspek perompak kedai emas. Video yang dikemas sebagai berita itu diunggah pada 3 Desember 2019.

Mengutip situs Berita Harian Online yang terbit pada 5 Desember 2019, Ketua Polisi Kedah Datuk Zainuddin Yaacob bahwa pelaku dua aksi perampokan di tempat yang berbeda tersebut merupakan orang yang sama. Sebelumnya, pada 2 Desember 2019, tersangka diyakini berusaha merampok toko emas di Arau, Perlis, pada pukul 13.30. Namun, aksinya gagal dan pelaku kabur. Kemudian, tersangka kembali melancarkan aksinya pada pukul 19.30 waktu setempat. Pria dengan helm putih itu menggasak emas senilai 200 ribu ringgit Malaysia di sebuah toko emas di Alor Mengkudu, Kedah.

FAKTA
Video perampokan toko emas yang diunggah Jimmy Joel itu terjadi di Alor Mengkudu, Kedah, Malaysia, Senin (2/12) pukul 19.30 waktu setempat. Bukan di Pematang Siantar.(jpg)



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-03.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com