Bantuan Seribu Tim Medis Jepang ke Wuhan

Kick Out Hoax | Senin, 10 Februari 2020 - 10:45 WIB

Bantuan Seribu Tim Medis Jepang ke Wuhan

(RIAUPOS.CO) -- Bantuan beberapa negara ke Cina untuk menghadapi virus korona pun ditunggangi kabar palsu. Contohnya, bantuan dari Jepang. Di Indonesia, tersebar informasi bahwa Negeri Matahari Terbit itu mengirimkan seribu tenaga medis ke Wuhan.

Salah satu yang mengunggah informasi itu adalah pemilik akun Twitter LSL @OrlandoSL01 (bit.ly/1000TenagaMedis) pada 5 Februari 2020. ’’Tim medis dari Jepang (1.000 orang) yg pertama membantu Cina tiba di WUHAN dalam MISI KEMANUSIAN untuk MENYELAMATKAN Manusia Salute n Respect buat Jepang @APLpangeran1 @andrewenas @aqua220426,’’ tulis akun tersebut sambil mengunggah foto rombongan orang mengenakan rompi dengan emblem bendera Jepang.

Di Facebook, informasi itu lebih dulu menyebar disertai potongan gambar dari portal. Salah satu penyebarnya adalah pemilik akun William Hui (bit.ly/TimMedis). Namun, potongan berita yang ter-capture bukan soal bantuan tenaga medis ke Wuhan. Melainkan upaya pemerintah Jepang memulangkan 200 warga dengan cara mengirimkan pesawat ke Kota Wuhan.

Dua akun tersebut sama-sama mengunggah foto rombongan orang mengenakan rompi dengan emblem bendera Jepang. Namun, jika mengikuti perkembangan berita penanganan virus korona di Wuhan, hingga kini belum ada negara yang mengirimkan bantuan tim medis dalam jumlah besar.

Memanfaatkan situs padanan gambar, foto rombongan orang-orang memakai rompi dengan emblem bendera Jepang itu pernah diunggah portal milik pemerintah Cina, gov.cn, pada 20 Mei 2008. Portal berbahasa Mandarin itu memberi judul Jepang mengirimkan tim penyelamat medis ke daerah yang dilanda gempa di Cina.

Saat itu anggota pertama tim penyelamat dan bantuan medis Jepang bersiap pergi ke Cina. Tim tersebut terdiri atas 22 staf medis profesional. Mereka berangkat dari Bandara Narita di Jepang menuju Chengdu, Provinsi Sichuan, Cina. Anda bisa melihatnya di bit.ly/TerdampakGempa2008.

FAKTA

Pihak Jepang telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak pernah mengirimkan seribu tenaga medis ke Wuhan untuk penanganan virus corona. Foto yang diunggah akun Twitter @OrlandoSL01 adalah tim medis Jepang yang berjumlah 22 orang. Mereka dikirim untuk membantu korban gempa Chengdu, Sichuan, Cina, pada 2008.(jpg)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-28.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com