STOP HOAX

Video Pasien Covid-19 Diambil Organ Tubuhnya

Kick Out Hoax | Rabu, 10 Juni 2020 - 10:50 WIB

Video Pasien Covid-19 Diambil Organ Tubuhnya

(RIAUPOS.CO) - Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan jenazah pasien virus corona baru (Covid-19). Pada video, terlihat luka bekas operasi pada bagian perut jenazah. Video itu diunggah kanal Youtube SEMUA ADA DI SINI pada Ahad , 7 Juni 2020. Pengunggah video memberikan judul video “DI BALIK COVID-19/CORONA TERNYATA ISI NYA SUDAH HABIS”. Hingga tangkapan layar dibuat, video berdurasi 30 detik itu sudah ditonton 264,487 kali.

PENJELASAN


Dari hasil penelusuran, klaim pada video bahwa pasien Covid-19 yang meninggal diambil organ tubuhnya adalah salah. Faktanya, video yang beredar adalah video lama yang tidak ada kaitannya dengan Covid-19.

 Video yang sama ditemukan pada kanal Youtube Tribunnews.com dengan versi lebih panjang berjudul “Keluarga Ngamuk dan Minta Organ Dikembalikan, Ternyata Jecky Payow Dibunuh karena hal Sepele”. Video ini diunggah pada Senin, 23 April 2020. Pada kotak deskripsi, kanal Youtube Tribunnews.com menjelaskan bahwa jeanzah yang terlihat pada video adalah Jecky Payow atau Geraldy Payow, warga Poigar Bolaang Mongondow (Bolmong) korban pembunuhan.

KESIMPULAN

Klaim pada video bahwa pasien Covid-19 yang meninggal diambil organ tubuhnya adalah salah. Faktanya, video yang beredar adalah video lama dan jenazah yang terlihat pada video tidak ada kaitannya dengan Covid-19. Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context yakni sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. ***

Sumber: turnbackhoax.id

 




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  rp-2020-07-16.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com