KICK OUT HOAX

[SALAH] Video "Ferdy Sambo hanya Bisa Pasrah, Puluhan Tengkoraknya Disita Polri"

Kick Out Hoax | Kamis, 15 September 2022 - 12:37 WIB

[SALAH] Video "Ferdy Sambo hanya Bisa Pasrah, Puluhan Tengkoraknya Disita Polri"
Hoax (ISTIMEWA)

[NARASI]:
Akun Facebook News Kolam (fb.com/Newskolam) pada 12 September 2022 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan gambar Ferdy Sambo dan tengkorak-tengkorak dengan narasi sebagai berikut:  “Ferdy Sambo H4nya Bisa P4sr4h, Puluhan T3ngk¤rΔknya Disit4 Polri!!!”

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video yang memperlihatkan gambar Ferdy Sambo dan tengkorak-tengkorak dengan klaim bahwa itu adalah tengkorak-tengkorak yang disita Polri berkaitan dengan kasus Ferdy Sambo merupakan klaim yang menyesatkan.


Faktanya, gambar tengkorak-tengkorak tersebut tidak ada kaitannya dengan kasus Ferdy Sambo. Gambar tengkorak -tengkorak yang ada di video itu adalah gambar tengkorak di Gua Mekongga di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Gambar tengkorak tersebut dimuat di artikel berjudul “Gua Tengkorak Kuburan Kedua Bangsawan Mekongga” yang terbit di situs Kompas.com pada 27 Mei 2013. Dilansir dari artikel ini, tim peneliti yang terdiri dari Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Universitas Hasanuddin Makassar terus mengembangkan penelitian terhadap keberadaan ribuan tengkorak manusia di Gua Mekongga di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Asmunandar, arkeolog asal Universitas Negeri Makassar menyatakan, tengkorak-tengkorak yang ada di dalam gua tersebut adalah saudagar/bangsawan atau kalangan orang berada dari Suku Mekongga pada abad ke-14 silam, atau bisa juga keturunan dari para bangsawan tersebut. Asumsi ini bisa dikaitkan dengan temuan soronga (peti mati) dan benda-benda mewah pada zaman tersebut.

Sumber: Turnbackhoax.id








BEASISWA BENGKALIS 2022




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook






EPAPER RIAU POS  5-okt.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com