Informasi Kematian Warga Palestina Salah Foto

Kick Out Hoax | Kamis, 19 Desember 2019 - 10:05 WIB

Informasi Kematian Warga Palestina Salah Foto

BAGIKAN


BACA JUGA

(RIAUPOS.CO) -- Kabar meninggalnya seorang warga Palestina di dalam penjara Israel mendadak tersebar di media sosial. Namun, sebagian informasi yang beredar ternyata sudah direkayasa.

Jawa Pos (JPG) menemukan kabar itu diunggah akun Twitter Mohd Noor Basiron (bit.ly/AdikSami) pada 29 November lalu. "Adik Sami Abu Dyak berusia 17tahun telah gugur Syahid akibat dari kekejaman Israel," tulis akun tersebut sambil mengunggah foto wajah remaja yang sangat tampan.


Di Facebook, informasi beserta foto yang sama disebar lebih dari 2.000 kali. "Betapa banyak anak2 Palestina tak bersalah yg dikurung di penjara krn target Tentara Israel membunuh mereka agar populasi anak2 Palestina sebagai generasi penerus pd akhirnya akan habis," tulis akun Ummi Mutiara Dakwah (bit.ly/Anak17Tahun) pada 30 November lalu.

Saat ditelusuri, Sami Abu Diyak memanglah warga Palestina yang meninggal di penjara Israel November lalu, bamun, tidak lagi remaja, meninggal karena kanker usia 36 tahun.

Memanfaatkan situs padanan gambar, foto remaja tampan yang diklaim bernama Abu Diyak ternyata adalah wajah aktor asal Amerika Serikat Ian Nelson alias Ian Michael Nelson. Foto yang sama pernah diunggah fan page resmi milik Ian Nelson pada 3 Juli 2011. 

Foto wajah Sami Abu Diyak bisa ditemukan di situs middleeasteye.net. Menurut Middle East Eye, sebelum meninggal, Sami Abu Diyak menderita kanker stadium akhir. Dia tidak diizinkan menjalani perawatan bersama keluarga. Akhirnya, pria tersebut meninggal di klinik penjara Ramla, Israel, tanpa ada pendampingan dari anggota keluarga. "Otoritas pendudukan tahu dia sekarat dan belum menolak untuk membebaskannya," kata Sahar Francis, direktur organisasi dukungan tahanan Palestina, Addameer.  Sami Abu Diyak adalah warga kelima Palestina yang tewas dalam tahanan Israel selama 2019. 

FAKTA

Foto bocah yang diunggah akun Facebook Ummi Mutiara Dakwah itu adalah Ian Michael Nelson. Dia adalah aktor film asal Amerika Serikat.(jpg)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri


EPAPER RIAU POS  2020-05-21.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com