(Hoaks) Video Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Kick Out Hoax | Rabu, 20 Januari 2021 - 10:43 WIB

(Hoaks) Video Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182
internet

NARASI:(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia) “Pilot pesawat Indonesia itu adalah yang pertama jatuh ke dalam air”
NARASI DALAM VIDEO: (diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia) “Pesawat Indonesia”
= = = = =
PENJELASAN:

Pengguna Facebook Aung Kyaw Moe mengunggah sebuah video (11/1) yang menunjukkan rekaman jatuhnya pesawat ke dalam air. Dalam video tersebut tercantum narasi yang menyatakan bahwa video itu merupakan video jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 pada 9 Januari 2021 lalu. Unggahan tersebut juga disertai keterangan yang menyatakan bahwa pilot pesawat merupakan korban yang pertama kali jatuh ke dalam air pada saat pesawat jatuh.


Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182, melainkan video jatuhnya pesawat milik Hawaii, Makani Kai Air, pada 11 Desember 2013 di perairan Hawaii, Amerika Serikat. Video tersebut pertama kali ditayangkan dalam acara Good Morning America pada 10 Januari 2014 waktu setempat. Video yang sama juga pernah diunggah oleh kanal YouTube resmi milik ABC News, dengan judul ‘Hawaii Plane Crash Caught on Tape | Good Morning America | ABC News’.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat dalam situs AFP dengan judul artikel ‘Video Falsely Purports to Show Indonesia Plane Crash’. Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Facebook Aung Kyaw Moe tersebut dapat dikategorikan sebagai konteks yang salah/false context.

Sumber: Turnbackhoax.id






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com