Mesin Mobil Sering Mati di Atas Rel Kereta Api

Kick Out Hoax | Kamis, 20 Februari 2020 - 09:29 WIB

(RIAUPOS.CO) -- Status di WhatsApp menjelaskan tentang masalah mobil yang sering mati mesinya saat di atas rel kereta api. Berikut petikan beritanya:

MENGAPA MESIN MOBIL SERING MATI DI ATAS PERLINTASAN REL KERETA API. Orang awam terkadang mengira hal ini disebabkan karena perlintasan tersebut angker/kurang sajen dan kemenyan/ada demit dan lainnya.

Di lokomotif ada boggie (roda kereta) di mana komponen utamanya adalah dinamo, di dalam dinamo ada unsur magnit yang cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada tiga rangkaian boggie (enam buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yang terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1 Km dari lokomotif. Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin yang lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg dihantarkan oleh rel KA.

Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yang berjarak kurang dari 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yang sudah lemah dapat mati.

Bila hal ini terjadi segera keluar dari mobil Anda, karena mesin mobil akan susah distater kembali.

Maka disarankan jangan melintasi rel KA bila sudah terlihat KA walaupun masih berjarak 1 Km dari perlintasan KA demi keselamatan Anda. Ingat KA tidak bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga tidak ada friksi, rata-rata KA akan berhenti sejauh 800 meter setelah direm. Semoga bermanfaat. (Bagas Senoadji / PPNS Perkeretaapian)

Lalu bagaimana sebenarnya yang terjadi? Mesin mobil bisa mati di mana saja. Data dari Federal Railroad Association (FRA) di Amerika menunjukkan bahwa dari 320 kali insiden hanya 6 kali yang mobil tidak bisa dinyalakan. Dari beberapa faktor penyebab mobil kecelakaan kendaraan mobil dengan kereta tersebut, ada beberapa hal lumrah penyebab mobil mati di atas rel kereta api.

Pertama, adanya problem pada mesin secara mekanikal. Kedua, mesin tidak menyala lantaran pengemudinya panik saat menyalakan kendaraan. Dan, ketiga, kendaraan terjebak di tenga-tengah rel dan tidak bisa melewati rel Untuk itu, ketika tengah menyeberang rel kereta api ada baiknya pengemudi tidak panik.  Bila mendadak mobil mati pengemudi harus tetap tenang dan mengevakuasi diri.

F A K T A

Ada tiga hal yang menyebabkan mobil berhenti di atas rel kereta api. Adanya masalah mesin, pengemudi gerogi, dan karena kendaraan (mobil)  terjebak di tengah-tengah rel, sehingga sulit melewati rel dan mesin pun mati.(jpg)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-30.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com