Gedung Isolasi Warga Terbakar

Kick Out Hoax | Senin, 24 Februari 2020 - 10:06 WIB

Gedung Isolasi Warga Terbakar

(RIAUPOS.CO) -- Kota Wuhan masih menjadi bahan berita dan informasi palsu. Selain tentang virus corona, Jawa Pos (RPG) menemukan informasi yang menyebutkan terbakarnya Hotel Gusthian. Produsen hoax menarasikan bahwa kebakaran itu terjadi di Wuhan dan hotel tersebut adalah tempat untuk mengisolasi warga Cina.

"Hotel Gusthian Street di Wuhan tempat Cina diisolasi 30 lantai meledak. Ratusan Cina terkurung di dalam. Pemerintah Cina belum bisa menentukan berapa banyak yg terbakar hidup2. Kekuasaan Allah. lebih dari segala-galanya," bunyi informasi yang tersebar di grup-grup WhatsApp.

Kabar yang dilengkapi video itu juga beredar di Facebook. Salah satunya diunggah pemilik akun Izatun Nissa Sifa Sifa (bit.ly/HotelMeledakWuhan) pada 17 Februari 2020. "Di sinilah isolasi warga China dari Virus Corona. Jumlah korban belum di ketahui ….akhirnya pemerintah menghabisi rakyatnya sendiri. Info gruop wa." Begitu penggalan keterangan yang melengkapi video tersebut.

Video berdurasi 20 detik itu memperlihatkan bagian depan gedung bertingkat yang terbakar hebat. Api membara dari lantai bawah hingga atas. Namun, saat ditelusuri di mesin pencari, sama sekali tidak ada berita dari media mainstream yang mengabarkan peristiwa itu.

Saat dicari dengan memanfaatkan situs padanan gambar, penggalan video yang sama pernah diunggah akun Twitter People’s Daily, Cina. Namun, keterangan video itu menyebutkan bahwa kebakaran terjadi di Chongqing. Bukan Wuhan.

"Lusinan orang mendorong mobil yang menghalangi laju mobil pemadam kebakaran. Ketika sebuah bangunan perumahan terbakar di Chongqing, Cina, pada 31 Desember 2019," tulis akun tersebut. Anda dapat melihatnya di bit.ly/diChongqing. Letak Chongqing sangat jauh dari Wuhan. Dari hitungan Google Maps, jarak dua kota itu mencapai 871 kilometer.

Video serupa pernah diunggah portal berbahasa Mandarin, finance.sina.com.cn, pada 3 Januari 2020. Portal itu menyebutkan, alarm kebakaran diterima Pusat Komando Pemadam Kebakaran Chongqing pada 1 Januari 2020 pukul 16.55. Alarm tersebut berasal dari bangunan di California Garden A4, Distrik Yubei, Chongqing. Api melahap 30 lantai bangunan yang dihuni hampir 1.000 orang itu. Anda dapat membacanya di bit.ly/KebakaranChongqing.

F A K T A

Kebakaran gedung dalam video yang diung­gah akun Facebook Izatun Nissa Sifa Sifa terjadi di Chongqing, bukan Wuhan. Jarak dua kota itu mencapai 871 kilometer.(jpg)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com