Sebar Hoaks Italia Bertakbir dengan Video Aksi di Hamburg

Kick Out Hoax | Kamis, 30 April 2020 - 09:25 WIB

Sebar Hoaks Italia Bertakbir dengan Video Aksi di Hamburg

(RIAUPOS.CO) -- SELAMA dua bulan terakhir, Italia kerap dijadikan bahan hoaks oleh netizen Indonesia. Tak hanya soal pandemi Covid-19, tapi juga pertumbuhan dan aksi penduduk muslim di sana.

Contohnya pesan berantai yang disertai video tentang Italia Bertakbir. JPG menemukan kabar itu disebar ulang pemilik akun Twitter @binsbirowo pada 9 April 2020. ”Itali bertakbir. Allahu Akbar. Allahu Akbar Allahu Akbar Yaa Allah please help us,” bunyi narasi yang menyertai video tersebut (bit.ly/ItaliaBertakbir).


Video dengan durasi 22 detik itu memperlihatkan ratusan orang berkumpul di jalanan. Mereka kompak meneriakkan takbir dan mengucapkan dua kalimat syahadat. Di bagian atas video terdapat tulisan Italy peoples start asking help form Allah. Sedangkan di bagian bawah terdapat gambar bendera Italia.

Saat ditelusuri menggunakan situs padanan gambar, video yang sama ternyata lebih dulu diunggah kanal YouTube fin fortigro. Kanal itu membubuhkan judul 11.01.2020 Uiguren Demo in Hamburg. Judul tersebut menjelaskan bahwa gema takbir disuarakan demonstran di Hamburg, Jerman. Bukan di Italia. Mereka melakukan aksi protes dan solidaritas terhadap muslim Uighur di Cina. Anda bisa melihatnya di bit.ly/DemoHamburg.

Mengutip portal milik stasiun TV dan radio NDR, ada sekitar 2.000 orang di Hamburg-St Georg yang melakukan aksi protes menentang penindasan etnis Uighur di Cina. Polisi setempat memastikan bahwa aksi tersebut berjalan dengan damai.

Berita yang terbit pada 11 Januari 2020 juga menjelaskan, sebelumnya Badan Perlindungan Konstitusi Hamburg telah memperingatkan adanya aksi demo Jumat yang diorganisasi kaum Islamis. Organisasi yang mengorganisasi demonstrasi adalah Hizbut Tahrir.

Juru Bicara Badan Perlindungan Konstitusi Marco Haase mengatakan bahwa Hizbut Tahrir juga memanfaatkan aksi tersebut untuk menggalang massa lebih luas. ”Siapa pun yang berjalan di sana jelas mendukung organisasi Islam,” katanya.

FAKTA
Video yang diberi keterangan bahwa Italia bertakbir merupakan rekaman aksi demo di Hamburg, Jerman, pada 11 Januari 2020. Para demonstran memprotes penindasan terhadap muslim Uighur di Cina.(jpg)

 

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-05-31.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com