22 Ekor Buaya Muara Lewat Paket Pengiriman Digagalkan di Bandara

Kriminal | Kamis, 01 April 2021 - 13:33 WIB

22 Ekor Buaya Muara Lewat Paket Pengiriman Digagalkan di Bandara
22 ekor buaya muara yang berhasil diamankan oleh AVSEC Bandara SSK II Pekanbaru diserahkan ke BBKSDA Riau. (BBKSDA RIAU UNTUK RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Petugas Avsec Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru memperoleh informasi adanya kiriman paket yang mencurigakan (satwa langka). Setelah pihak AVSEC bersama Balai Besar KSDA Riau melakukan periksaan melalui mesin X-Ray, didapati paket tersebut berisi satwa jenis Buaya. 

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono mengatakan, selanjutnya petugas membuka paket dan melakukan pemeriksaan dan didapat  22 ekor Buaya muara (Crocodilus porosus) yang dikemas dalam 8 kantong pelastik.


"Dari 22 ekor Buaya muara (Crocodilus porosus), terdapat 7 ekor dalam kondisi mati dan yang masih hidup sebanyak 15 ekor," ujar Suharyono, Kamis (1/4/2021).

Setelah mengetahui isi paket merupakan satwa dilindungi, petugas bandara menyerahkan puluhan satwa reptil ini ke pihak BBKSDA Riau. Pihak BBKSDA juga melakukan koordinasi dengan pihak Polda Riau.

Untuk buaya yang masih hidup, petugas melakukan pelepasliaran pada 31 Maret 2021 setelah sebelumnya dirawat. Sedangkan yang sudah mati disimpan di lemari pendingin (freezer). 

Laporan: Dofi Iskandar

Editor: Eka G Putra






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com