ILLEGAL LOGGING DI RUPAT

Kapolda Riau Akan Tindak Tegas Pelaku Pembalakan Liar

Kriminal | Selasa, 28 Januari 2020 - 00:14 WIB

Kapolda Riau Akan Tindak Tegas Pelaku Pembalakan Liar
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, mendapati aktivitas pembalakan liar di kawasan hutan di Kabupaten Bengkalis, Senin (27/1/2020).(HUMAS POLDA RIAU FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.COM) - Pembalakan liar atau illegal logging masih terjadi di kawasan hutan Provisi Riau. Bahkan, kawasan hutan turut dibakar oleh oknum tak bertanggung jawab untuk diubah menjadi perkebunan sawit.

Temuan itu didapati langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi ketika menuju Desa Titi Akar, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Senin (27/1). Dari atas helikopter, jendral bintang dua ini menemukan pohon dengan tegakkan kayu masih bagus tersebut kemudian ditebang secara ilegal.  Setelah rata dengan tanah, hutan  dibakar dan di atasnya ditanami kelapa sawit usai padam.

"Setelah dijarah kayunya, dibakar hutannya, dirambah kawasannya, kemudian dijadikan kebun sawit. Ini keblinger," ungkap Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.


Pola-pola seperti ini, sebut dia, memicu Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) selama ini. Penjarahan kayu di kawasan hutan tersebut dilakukan secara sistematis.

"Kayu diambil, bawa keluar kawasan hutan untuk dijual usai diolah, dibakar di lokasi ditebang secara ilegal tersebut, kemudian ditanami sawit," jelasnya.

Melihat fakta-fakta tersebut, Kapolda Irjen Agung akan lakukan proses penegakan hukum dengan mengusut kasus tersebut. Langkah pertama, tuturnya, akan menurunkan saksi ahli ke lokasi di Desa Titi Akar, sebelum menetapkan tersangka.

"Kami akan turunkan saksi ahli ke lokasi untuk proses penegakkan hukumnya sebelum ditetapkan tersangka," ungkap Agung.

Sebelumnya, Kapolda Riau bersama dengan Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Kombes Pol Rahmat Hidayat, Dansat Brimob Kombes Abdul Hasyim, menumpang helikopter menuju lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Titi Akar, Pulau Rupat.

Kapolda ikut memadamkan api yang membakar lahan gambut hingga baju dan celana Pakaian Dinas Lapangan (PDL) dikenakannya ikut basah oleh keringat serta air. Tak hanya itu, Kapolda Irjen Agung juga ikut makan nasi bungkus dengan Tim Pemadam Karhutla di lokasi bekas terbakar.

Sudah 17 hari terakhir, Tim Pemadam Karhutla dipimpin Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto, berupaya keras memadamkan api di Pulau Rupat dan Bengkalis. Usaha tersebut mulai terbantu dengan inovasi Polda Riau dengan membuat aplikasi dashboard Lancang Kuning. Di dalam aplikasi tersebut memuat titik api, personel, peralatan, virtual account, dan lainnya.

Laporan: Riri Radam Kurnia

Editor: Hary B Koriun






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-02.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com