LEGISLATIF

Jaga Silarurrahmi, Ketua DPRD Kuansing Temui Unsur Forkopimda

Kuantan Singingi | Selasa, 02 Maret 2021 - 12:30 WIB

Jaga Silarurrahmi, Ketua DPRD Kuansing Temui Unsur Forkopimda
Adam saat dilantik menjadi Ketua DPRD Kuansing. (JUPRISON/RIAUPOS.CO)

TELUKKUANTAN (RIAUPOS.CO) - Usai dilantik, Ketua DPRD Kuansing Dr Adam SH MH langsung bergerak menjalin komunikasi dari para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kuansing. Kali ini, yang ditemuinya adalah Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto SIK.

Ketua DPRD Kuansing Adam bersilaturrahmi dengan Kapolres Kuansing, Senin (1/3/2021) di ruang kerjanya. Selanjutnya, Ketua Adam tengah menjadwalkan kunjungan ke unsur forkopimda lainnya, mulai dari Dandim, Kajari Kuansing, Ketua Pengadilan Negeri dan termasuk juga Bupati Kuansing selaku pimpinan Forkopimda Kuansing.


Kunjungan Ketua DPRD Kuansing ke unsur Forkopimda di Kabupaten Kuantan Singingi dinilai sebagai langkah strategis untuk menyatukan visi dan kesamaan persepsi sehingga dengan komunikasi yang intens antar unsur forkopimda akan mampu mempercepat gerak pembangunan Kabupaten Kuantan Singingi. 

"Kita kunjungi satu per satu para unsur forkopimda. Tujuan kita jelas adalah untuk menjaga silaturrahmi sesama agar tercipta harmonisasi diantara kita dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah ke depan," ujar Adam, usai kunjungan ke Polres Kuansing, kemarin.

Adam yang baru dilantik sebagai Ketua DPRD Kuansing (25/2/2021) lalu memang dikenal sebagai anak muda yang gesit dan piawai dalam membangun komunikasi dengan para stakeholders di Kabupaten Kuantan Singingi.

"Forkopimda itu jantungnya pembangunan di Kabupaten Kuansing. Dengan kita jalin komunikasi antar sesama, tentu akan memperkokoh silaturahmi dan kita dapat menerima masukan-masukan dari forkopimda agar pembangunan yang dijalankan pemerintah dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat," katanya.

Demikian juga dari aspek kebijakan, menurut Adam, masukan dari Forkopimda itu penting agar kebijakan-kebijakan jangka pendek dan menengah yang diambil pemerintah tepat sasaran.

”Itu harus dilakukan. Agar terwujud visi misi Kuansing sebagai negeri bermarwah ke depan," katanya.

Komunikasi politik yang dibangun oleh Ketua DPRD Kuansing Adam menunjukkan, bahwa DPRD sebagai lembaga pemerintahan yang diisi insan politik menjadi tempat menyatunya harapan publik. Dan dengan komunikasi politik yang dilakukan oleh Adam diyakini mampu meningkatkan legitimasi lembaga DPRD di mata publik. 

"Itu harapan kita kepada Adam sebagai pimpinan tertinggi di dewan. Dan upayanya menjalin komunikasi dengan siapapun patut diapresiasi. Dan tidak diragukan lagi," kata Mawardi, mantan Kepala Desa di Kecamatan Cerenti, Selasa (2/3/2021).

Misalkan masyarakat Cerenti, menurut Mawardi, besar harapan masyarakat kepada DPRD Kuansing, terutama dalam memperjuangkan nasib petani karet dan sawit serta mempercepat pembangunan infrastruktur yang kurang tersentuh lima tahun terakhir.

Sementara, dilihat dari kacamata hubungan eksekutif – legislatif, menurut Mawardi, jalinan komunikasi yang dilakukan Adam di awal-awal masa jabatan sebagai Ketua DPRD ingin menunjukkan bahwa lembaga DPRD sebagai parlemen daerah mempunyai peran yang sangat strategis dalam mengawal kebijakan-kebijakan Kepala Daerah. 

"Giat komunikasi politik dengan mengunjungi forkopimda itu ibarat “pesan langsung” yang ingin disampaikan Adam kepada Bupati dan Wakil Bupati saat ini bahwa DPRD itu punya peran dalam membangun negeri ini. Dan penting untuk menjalin komunikasi satu sama lain," kata Mawardi.

 

Laporan: Juprison (Telukkuantan)

Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com