PELANTIKAN ANDI PUTRA SH MH DAN SUHARDIMAN AMBY MM

100 Hari, Fokus Pandemi dan Pemulihan Ekonomi

Kuantan Singingi | Kamis, 03 Juni 2021 - 08:45 WIB

100 Hari, Fokus Pandemi dan Pemulihan Ekonomi
Bupati Kuansing Andi Putra SH MH menandatangani berita acara pelantikan disaksikan Gubernur Riau H Syamsuar di Balai Pelangi Kompleks Gedung Daerah Riau, Pekanbaru, Rabu (2/6/2021). Andi Putra-Suhardiman Amby resmi memimpin Kuansing untuk lima tahun ke depan. (DISKOMFOTIK RIAU FOR RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar resmi melantik Andi Putra SH MH dan Suhardiman Amby MM sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Rabu (2/6). Pelantikan dilaksanakan di Balai Pelangi Kompleks Gedung Daerah Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Prosesi pelantikan digelar dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Sejumlah petugas terlihat berjaga-jaga di akses masuk ke Balai Pelangi.


"Yang tidak ada di daftar, bisa menonton secara virtual di ruang Serindit," ujar salah satu petugas keamanan.

Ya, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pelantikan dilaksanakan dengan undangan terbatas. Yakni hanya dihadiri keluarga inti serta Forkopimda Kuansing serta Forkopimda Riau. Namun pelantikan disiarkan secara live streaming melalui beberapa chanel edia sosial Diskominfo Riau.

Dalam sambutannya, Gubri meminta agar Andi Putra dan Suhardiman Amby setelah dilantik dapat merangkul semua kalangan masyarakat. Laksanakan koordinasi yang baik dengan DPRD, forkopimda, tokoh masyarakat dan tokoh agama agar bersatu untuk kemajuan Kuansing ke depan.

"Wujudkan janji politik pada masa kampanye yang lalu di Kuansing," katanya.

Syamsuar juga meminta agar Andi Putra dan Suhardiman Amby bisa memaksimalkan potensi ekonomi masyarakat di tengah masa pandemi ini. Bersinergi dalam membangun daerah dengan potensi yang ada.

"Kerja ekstra adalah memulihkan ekonomi masyarakat di masa pandemi ini," katanya.
Gubri percaya bahwa Bupati dan Wakil Bupati Kuansing akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan.

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Riau, kami mengucapkan selamat atas pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing. Pelantikan ini kami nilai memiliki makna dan arti strategis untuk kelanjutan pembangunan Kabupaten Kuansing" kata Gubri.

Selain itu, Gubri juga meminta kepada Andi Putra dan Suhardiman Amby untuk dapat mempercepat pelaksanaan tracing, test, dan treatment (3T) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Kami minta kepada Bupati dan Wakil Bupati Kuansing untuk mempercepat pelaksanaan 3T. Hal tersebut untuk mempercepat memutuskan rantai penyebaran Covid-19," katanya.

Kemudian juga, lanjut Gubri, pelaksanaan vaksinasi juga harus dipercepat. Hal tersebut untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat sehingga tidak mudah tertular Covid-19.

Gubri juga mengapresiasi KPU dan Bawaslu sudah sudah menyelenggarakan pelaksanan pilkada yang aman, jujur dan adil. Termasuk TNI dan Polri dalam mengamankan tahapan Pilkada sehingga berjalan aman.

"Terima kasih saya ucapkan kepada Drs Mursini dan H Halim semoga tugas yang sudah anda emban menjadi amal baik di sisi Allah SWT," ujarnya.

100 Hari Kerja, Fokus Tangani Pandemi dan Pemulihan Ekonomi
Dalam menakhodai Kuansing di tengah wabah Covid-19 yang terus melanda, Andi Putra-Suhardiman Amby (ASA) telah menyusun program 100 hari kerja. Program 100 hari pasangan ini akan difokuskan pada penanganan pandemi Covid-19 dan dampak sosial ekonominya.

"Kami segera bergegas untuk menjalankan program-program yang telah kami susun. Lebih-lebih dalam program 100 hari pertama ini," ujar Andi Putra kepada wartawan usai dilantik Gubri di Pekanbaru.

Salah satunya adalah penataan dan pemantapan program pelayanan kesehatan masyarakat termasuk memperkuat upaya penanggulangan Covid-19.

"Sembari melakukan pemulihan ekonomi akibat pandemi serta sosialisasi vaksin Covid-19 kepada masyarakat agar bisa dilaksanakan tanpa halangan," katanya.

Selain itu, bupati termuda di Riau ini juga akan memperkuat dan meningkatkan hubungan komunikasi dan koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait untuk percepatan pembangunan daerah.

"Ini kita libatkan Pentahelix (pemerintah daerah, perguruan tinggi, komunitas masyarakat, dunia usaha dan media) dalam mendorong keberlanjutan pembangunan daerah," katanya.

Dikatakan Andi, pihaknya akan melakukan pemantapan kinerja ASN dan penataan organisasi perangkat daerah (OPD). Hal ini bertujuan agar tepat ukuran dan fungsinya.

"Kami juga akan menata, menertibkan dan mengkaji kembali pemanfaatan aset daerah secara terukur dan tepat fungsi," katanya.

Sesuai pesan Gubri agar merealisakan janji kampanye, maka dalam program 100 hari inki, Andi-Suhardiman akan menyiapkan regulasi dan mekanisme pelaksanaan program tahfiz, program subuh mubarokah, program magrib mengaji.

"Termasuk pelaksanaan Kuansing Homecare serta Kuansing One Top Service," katanya.

Termasuk katanya, mempersiapkan regulasi dan mekanisme pengembangan industri hilir serta pendirian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kuansing. Selain itu, menggali dan menginventarisir potensi-potensi pendapatan asli daerah (PAD) yang potensial dan strategis, serta potensi sumber daya lokal masyarakat termasuk sumberdaya pariwisata yang potensial dan strategis.

"Kami siapkan juga regulasi dan mekanisme pemberdayaan masyarakat adat serta keterlibatan pemangku adat dalam pelaksanaan program pembangunan daerah," katanya.

Upaya meningkatkan ekonomi masyarakat, pihaknya akan melaksanakan pendataan, penataan dan penguatan kembali koperasi, UMKM serta BUMDes guna mendorong bergeraknya sektor riil ekonomi masyarakat

Langsung Masuk Kantor
Usai dilantik Gubri, Andi Putra-Suhardiman Amby langsung bekerja. Keduanya langsung masuk kantor sore harinya. Setelah menempuh perjalanan selama empat jam dari Kota Pekanbaru-Telukkuatan.

"Langsung ke kantor. Kita lihat kondisi kantor dulu," kata Andi Putra kepada wartawan, usai dilantik.

Dikatakan Andi Putra, pihaknya juga akan langsung mengumpulkan pimpinan satuan kerja perangkat dinas untuk menggelar rapat percepatan penanganan Covid-19.

"Besok (Kamis, red) kami langsung menggelar rapat soal penanganan Covid-19," katanya.

Andi juga menginstruksikan kepada semua kepala OPD yang ikut pelantikan untuk langsung pulang ke Kuansing karena Kamis pagi bekerja.

"Akan saya absen. Karena besok (hari ini, red) ada rapat penanganan Covid-19," kata dia.

Setibanya di Kantor Bupati Kuansing, Andi Putra melihat dari dekat kondisi ruangan. Begitu pula dengan wakilnya Suhardiman. Ia juga melihat kondisi ruangannya.

"Ini harus dibersihkan dulu. Semprot seluruh ruangan dengan cairan disinfektan. Harus disterilkan dulu," kata Andi Putra.

Sebelumnya, rombongan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing disambut warga di perbatasan Kuansing-Kampar. Tepatnya di Desa Tanjung Pauh Kecamatan Singingi Hilir. Puluhan warga pun tumpah ruah di tepi jalan. Dalam penyambutan warga itu, Andi Putra dan Suhardiman dikalungi surban oleh masyarakat.

"Iya, tadi kami sempat disambut warga di Desa Tanjung Pauh. Alhamdulillah warga sangat antusias. Kami ucapkan ribuan terima kasih," kata Andi Putra.(sol/jps)

 


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  31-juli.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com