KUANTAN SINGINGI

Warga Baserah Minta Dukungan Pacu Jalur

Kuantan Singingi | Senin, 06 Juli 2020 - 11:17 WIB

Warga Baserah Minta Dukungan Pacu Jalur
Ketua DPRD Kuansing Andi Putra SH MH bersama mantan anggota DPRD Riau Drs H Suhardiman Ambi Ak MM dan mantan anggota DPRD Kuansing Asnidar SPt salam kompak bersama masyarakat saat bersilaturrahmi di Baserah, Kuantan Hilir, Sabtu (4/7/2020). JUPRISON/RIAU POS

TELUKKUANTAN (RIAUPOS.CO) - Warga Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir, menyampaikan aspirasinya saat bersilaturrahmi dengan Ketua DPRD Kuansing Andi Putra SH di Kelurahan Pasar Baru Baserah, Sabtu (4/6).

‘‘Ya. Warga Baserah kini meminta agar helat pacu jalur di Baserah mendapat dukungan dari pemerintah ke depan,’’ ujar Ketua BPD Pulau Kijang, Hardiamon.



Disampaikannya, warga Baserah sudah sejak lama mengusulkan supaya digelar pacu jalur setiap tahunnya di Tepian Lubuak Sobae di luar jadwal pacu jalur tingkat rayon.

“Itu harapan kami ke depan. Supaya pacu jalur di Baserah digelar setiap tahunnya, di luar rayon,” kata mantan Kepala Desa Pulau Kijang tersebut.

Menanggapi itu, Ketua DPRD Kuansing Andi Putra SH MH menyatakan dukungannya atas keinginan warga Baserah agar pacu digelar setiap tahunnya tanpa menunggu jadwal rayon.

“Kami kembalikan. Pacu jalur di Baserah ini akan digelar setiap tahun. Setiap tanggal 17 Agustus. Seperti dulu,” kata Andi Putra yang disambut tepuk tangan masyarakat Baserah.

Dan jika masyarakat nantinya setuju. Ke depan, seluruh kecamatan yang ada di sepanjang Sungai Kuantan. Mulai dari Hulu Kuantan hingga Cerenti. Ada 11 kecamatan. Dihelat pacu jalur setiap tahunnya.

“Karena pacu jalur adalah tradisi ýang tumbuh dari masyarakat. Milik masyarakat. Tentu, soal ini kita perlu meminta pertimbangan dari masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan Pemangku Masyarakat Kuansing Datuak Panglimo Dalam Suhardiman Ambi menambahkan, pacu jalur di Baserah dulunya digelar setiap 17 Agustus. Dan pacu jalur dilaksanakan hanya di 2 daerah. Baserah dan Telukkuantan.

“Kalau pacu Taluk itu rutin. Nanti pacu di Baserah juga rutin dilaksanakan. Ini adalah rencana kerja kita ke depan. Setiap 17 Agustusan pacu jalur kita laksanakan di Baserah,” ujarnya.(jps)

 



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-12.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com