INMEMORIAM DRS H HERMILUS MM, TOKOH PENDIRI KUANSING TUTUP USIA

Enak Diajak Diskusi dan Tak Pernah Emosi

Kuantan Singingi | Senin, 11 Januari 2021 - 10:38 WIB

Enak Diajak Diskusi dan Tak Pernah Emosi
Jenazah almarhum Hermilus pendiri Kuansing di lepas keberangkatannya ke tempat peristirahatan terakhir pemakaman umum di Pekanbaru, Ahad (10/1/2021). JUPRISON/RIAU POS
AMSI Konferwil II

Kabar duka menyelimuti Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) atas berpulangnya ke rahmatullah tokoh masyarakat Kuansing, Drs H Hermilus MM, Sabtu (9/1). Ia salah seorang tokoh yang terlibat langsung mendirikan Kabupaten Kuansung tahun 1999 silam.

(RIAUPOS.CO) - SUASANA hening di kediaman almarhum, Hermilus yang saat itu sudah menghembuskan nafas terakhirnya di RS Syafira Pekanbaru, Sekitar pukul 15.13 WIB. Ia mengakhiri hidupnya setelah mengalami sakit komplikasi yang dideritanya baru-baru ini. Tuhan memanggilnya di usianya sekitar 67 tahun.


Semasa hidupnya. Hermilus yang merupakan anak jati Pangean ini diketahui terlibat aktif dalam pembentukan Kabupaten Kuansing. Ia berperan sebagai Wakil Bendahara Umum Badan Musyawarah Pembentukan Kabupaten Kuantan Singingi yang diketuai saat itu oleh Alm Samad Taha dari Benai.

Hermilus dikebumikan di Pekanbaru, Ahad (10/1). Pria yang aktif di banyak organisasi ini diketahui juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kuansing era Bupati Asrul Jaafar. Dan sebelumnya pernah menjadi pimpinan di sejumlah SMA di Pekanbaru.

“Saya tahu betul peran beliau saat mendirikan kabupaten ini. Jadi, beliau memang aktif. Seingat saya, saat itu beliau sebagai wakil bendahara pembentukan kabupaten. Ketuanya Pak Samad Taha saat itu,” ungkap Drs H Suhendri Royrik MSi, salahs eorang tokoh yang ikut berjuang bersama almarhum waktu mendirikan Kuansing saat itu kepada wartawan, Ahad (10/1).

Di mata Suhendri, sosok Hermilus adalah yang peduli terhadap negeri hingga akhir hayatnya. Jasanya bagi negeri ini jelas dan dirasakan masyarakat. Kepergiannya menghadap yang Kuasa, katanya, membuat Kuansing telah kehilangan salahseorang tokoh terbaiknya.

“Kita semuanya tentu berduka atas kabar duka ini. Dan semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT. Aamiin,” ucap Suhendri.

Senada dengannya, salahseorang yang juga ikut berjuang bersama dengan almarhum mendirikan Kuansing, Ir Mardianto Manan MT. Baginya, almarhum memiliki semangat muda. Yang hobi berorganisasi.(ksm)

Laporan JUPRISON, Talukkuantan

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2021-01-25-1.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com