KUANTAN SINGINGI

Tanjung Simandolak Launching Beras Seroja

Kuantan Singingi | Kamis, 14 Januari 2021 - 10:02 WIB

Tanjung Simandolak Launching Beras Seroja
Kepala Desa Tanjung Simandolak Robinson Saswe saat menyerahkan Beras Seroja hasil panen dari Gapoktan dan BUMdes Seroja di Desa Tanjung Simandolak, baru-baru ini. JUPRISON/RIAU POS

TELUKKUANTAN (RIAUPOS.CO) - Masyarakat Desa Tanjung Simandolak Benai patut berbangga. Pasalnya, desa ini kini menjadi produsen beras lokal khas Tanjung Simandolak yang disebut Beras Seroja.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, ketahanan pangan merupakan program prioritas dari Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Seroja Desa Tanjung Simandolak, Kecamatan Benai yang melahirkan beras tersebut.


BUMdes Seroja binaan Kepala Desa Tanjung Simandolak Robinson Saswe tersebut berhasil melaunching merek Beras Seroja hasil panen petani Desa Tanjung Kecamatan Benai di Kantor BUMdes Seroja, Senin (11/1).

Dalam kesempatan itu, Robinson Saswe mengapresiasi atas keberhasilan panen perdana varietas padi IP200 oleh BUMdes dan Gapoktan Tanjung Simandolak.

“Rasa syukur atas nikmat Allah SWT kepada masyarakat Tanjung melalui BUMdes Seroja. Alhamdulillah panen kali ini hasilnya cukup memuaskan,” ungkap Robinson.

Keberhasilan ini katanya, berkat kerja sama pemerintah desa, masyarakat, kelompok tani serta adanya bantuan keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Riau. Ia berharap kedepan program unggulan Desa Tanjung Simandolak ini bisa meningkat.

“Mengapa saya tidak haru. Tahun-tahun sebelumnya warga sering gagal panen akibat banjir. Apalagi dengan model tradisional dengan satu kali tanam setahun,” ungkapnya.

Sebelumnya program tanam varietas IP200, diakui Kades, masyarakat umumnya membeli beras di pasar atau toko. Namun sekarang masyarakat bisa membeli beras di BUMDes Seroja jika memerlukan beras.

‘‘Jika kedepan stok beras cukup untuk masyarakat, maka hasil panen yang dikemas menjadi Beras Seroja akan mengisi pasaran,” katanya.

Selain launching Beras Seroja, tutur Robinson, gapoktan, masyarakat dan anggota BUMDes Seroja melakukan penyemaian atau penangkaran bibit padi unggul untuk musim tanam berikutnya.

“Kita berharap panen mendatang hasilnya lebih baik. Sehingga varietas padi bisa ditingkatkan menjadi IP300,” katanya.

Dalam kegiatan launching Beras Seroja turut hadir perwakilan dari Dinas Pertanian Kuansing Yunal, perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Asri, serta Korwil Kecamatan dan pendamping desa dan anggota BUMdes Seroja.

“Kami ucapkan banyak terima kasih berkat bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat khususnya BUMdes Seroja. Semoga kedepan ekonomi masyarakat semakin meningkat,” harapnya.(jps)

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2021-01-17.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com