Camat Gunung Toar Masyitah Holia Citra Buka Acara Rembuk Stunting

Kuantan Singingi | Selasa, 14 Juni 2022 - 09:46 WIB

Camat Gunung Toar Masyitah Holia Citra Buka Acara Rembuk Stunting
Camat Gunung Toar Masyitah Holia Citra (tengah) saat memberikan arahan di acara rembuk stunting di Gedung Serbaguna, Kecamatan Gunung Toar, Senin (13/6/2022). (DISKOMINFO FOR RIAUPOS.CO)

TELUKKUANTAN (RIAUPOS.CO) - Dalam rangka memutus kasus stunting, UPTD Kesehatan Gunung Toar menaja acara rembuk stunting bersama kepala desa, PKK, kader posyandu se-Kecamatan Gunung Toar.

Acara yang dilangsungkan di gedung serbaguna Kantor Camat Gunung Toar, Senin (13/6) tersebut dibuka langsung oleh Camat Gunung Toar, Masyitah Holia Citra SSTP MSi.


Menurut Masyitah, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari program pemerintah pusat dan Kabupaten Kuansing dalam mengatasi kasus stunting di setiap kecamatan dan desa.

"Acara ini sangat penting untuk masyarakat. Apalagi masyarakat yang akan baru menikah dan akan memasuki tahap kehamilan. Jangan ada lagi kasus stunting di Gunung Toar ini. Tadi saya mendengar dari ibu UPTD kesehatan ada tiga kasus di sini. Nah, ini pentingnya kita hadir di sini," kata Masyitah.

M Paspor
Iklan

Di awal arahannya, Masyitah sempat geram dengan minimnya kehadiran kepala desa dan Ketua PKK se-Kecamatan Gunung Toar. Bahkan beberapa desa tidak ada mengutus perwakilan desanya.

Padahal, acara rembuk stunting tersebut penting bagi kepala desa dan ketua PKK untuk menyampaikan dan mensosialisasikan kepada masyarakatnya. Sehingga kasus stunting di Kecamatan Gunung Toar bisa nihil.


"Kalau kepala desa dan ketua PKKnya tak datang, bagaimana mereka menyampaikan kepada warga mengatasi stunting sejak dini. Mestinya ada perwakilan setiap desa. Kasihan pada masyarakat yang perwakilan desanya tidak hadir," kata Masyitah.

Masyitah berharap, kegiatan seperti ini tidak saja mendengarkan pemaparan materi dari tim kesehatan dan narasumber. Namun harus ada aksi nyata dari acara rembuk tersebut untuk disampaikan dan dilaksanakan oleh masyarakat.

"Saya apresiasi sekali pak kades dan ketua PKK atau perwakilan desa yang sudah hadir dalam acara ini. Acara ini sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui apa itu stunting. Sehingga bayi-bayi kita bisa normal sampai dewasa," kata Masyitah.

Seharusnya, lanjut Masyitah, kepala desa mengutus perwakilan desa.

"Tadi memang ada beberapa kepala desa yang berhalangan karena ada acara di BPN Telukkuantan. Ini bisa dimaklumi," kata Masyitah.

Dalam acara tersebut, nampak juga hadir KUA Gunung Toar, perwakilan Kapolsek Kuantan Mudik, perwakilan Koramil 08 Kuantan Mudik, ketua PKK Kecamatan Gunung Toar.(adv)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com