BUDAYA TRADISIONAL

Bupati Kuansing Puji Penampilan Sasampek saat Musrenbang

Kuantan Singingi | Sabtu, 15 Februari 2020 - 00:24 WIB

Bupati Kuansing Puji Penampilan Sasampek saat Musrenbang
Bupati Kuansing, Drs H Mursini MSi, memberikan apresiasi kepada tim PKK yang telah menampilkan Sasampek saat pawai Musrenbang di Kecamatan Kuantan Hilir, Kamis (13/2/2020). (MARDIAS CHAN/RIAUPOS.CO)

TELUKKANTAN (RIAUPOS.CO)- Pemerintah Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singini menampilkan beberapa tradisi daerah saat pawai pada pembukaan Musrenbang RKPD di Kecamatan Kuantan Hilir, Kamis (13/2/2020) sore.

Dalam pawai tersebut, Bupati Kuansing  Drs H Mursini MSi terkesima melihat penampilan Sasampek yang diperagakan oleh  ibu-ibu Kecamatan Kuantan Hilir itu.

Sasampek merupakan sebuah wadah dengan bentuk bulat lonjong ke atas yang terbuat dari rangka bambu atau batang pisang dan dihiasi dengan bunga-bunga yang ditusuk lidi dan diselipkan kue atau panganan kecil. Sasampek diarak oleh kaum wanita dalam setiap acara penting, seperti katam Alquran, sunatan rasul, juga  pesta rakyat lainnya.

 "Penampilan pawainya luar biasa. Apalagi tadi saya lihat ada ibu-ibu yang menjujung Sasampek lengkap dengan isinya. Harus kita jaga budaya ini. Kalau perlu, Sasampek ini kita tampilkan di setiap acara, baik yang ada di Kabupaten Kuansing, maupun acara di luar kota," pinta Mursini.

Mursini berharap, adat-istiadat serta budaya yang sudah turun-temurun hendaklah tetap dijaga. Sebab, Sasampek yang ditampilkanpara ibu-ibu itu bisa menjadi ajang pomosi wisata daerah di Kuansing.

Laporan: Mardias Chan (Telukkuantan)
Editor: Hary B Koriun




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-07.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com