KUANTAN SINGINGI

LPKT Siap Jalankan Amanah sebagai "Pagar Nagori"

Kuantan Singingi | Jumat, 21 Agustus 2020 - 10:27 WIB

LPKT Siap Jalankan Amanah sebagai "Pagar Nagori"
Ketua Umum LKPT Ir Emerson (tengah) foto bersama dengan pengurus usai acara silaturahmi di Kafe Tepi Sawah, Telukkuantan, Rabu (19/8/2020).Mardias Can/Riau Pos


TELUKKUANTAN - Laskar Pemuda Kenegerian Telukkuantan (LPKT) menggelar acara silaturahmi yang diikuti oleh seluruh anggota dan pengurus inti, Rabu (19/8) malam di Kafe Tepi Sawah, Telukkuantan.

Selain itu, di malam penuh keakraban ini juga dihadiri para kepala desa yang ada di Kenegrian Telukkuantan serta para Srikandi LKPT. Di acara tersebut, seluruh pengurus dan anggota LPKT menyatakan siap untuk menjalankan amanah sebagai ‘‘pagar nagori’’.


Ketua umum LKPT Ir Emerson saat menyampaikan sambutannya meminta kepada seluruh anggota dan pengurus LKPT untuk selalu kompak dan bersatu.

"Apa bila kita kompak dan bersatu, maka akan tercipta sebuah kekuatan besar. Dengan kekuatan besar yang kita miliki ini, amanah sebagai ‘‘pagar nagori’’ yang diembankan kepada kita oleh datuk penghulu dan pemangku adat kenegerian bisa kita jalankan," ujar Emerson.

Emerson membeberkan terkait kisah terbentuknya LPKT ini, bahwa LPKT dibentuk pada 2010 lalu. Saat itu Datuk Penghulu nan Berompek beserta para pemangku adat Kenegrian Telukkuantan memberi mandat kepada LPKT untuk menjaga Kenegerian Talukkuantan dari seluruh permasalahan yang dihadapi.

"Apapun permasalahan yang dihadapi oleh anak cucu kemenakan dan masyarakat Kenegerian Telukkuantan ini, LPKT berada di barisan paling depan. Kita harus menjadi benteng bagi para datuk dan pemangku adat negeri ini. Itulah hakikat dan makna yang tersirat dalam fungsi kita sebagai ‘‘pagar nagori’’," kata Emerson.

Emerson meminta kepada seluruh anggota dan pengurus untuk menjadikan LPKT sebagai hati dan jiwa di diri masing-masing. Sehingga apa yang dilakukan bersama LPKT benar-benar sebuah keikhlasan. Dengan begitu marwah negeri bisa dijaga.

"Sebagai ibu kota kabupaten, banyak kepentingan berada di sini. Jika marwah kita tidak kita jaga, maka kita tidak akan dianggap. Untuk itu mari kita solid untuk menjaga marwah kita. Jangan sampai jalan kita dianjak dek urang lalu," ujar Emerson didampingi Wakil Ketua I LPKT Rustam Salam.(yas)

 

 





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-20.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com