LADIES

Pintar Memilih Lantai Rumah

Ladies | Minggu, 23 Agustus 2020 - 12:55 WIB

Pintar Memilih Lantai Rumah

(RIAUPOS.CO) - Lantai rumah sering kali menjadi hal yang tidak terlalu diperhatikan. Biasanya, kita hanya sekadar memilih material dan jenis lantai hanya berdasarkan tren atau bahkan harga. Padahal, lantai juga harus menjadi sorotan saat membangun rumah. Sebab, jenis dan motif lantai turut memberi andil dalam look dan juga konsep desain interior yang diusung.

Belakangan ini, tren lantai jenis vinyl mencuat. Lantai jenis ini sepintas memiliki tampilan yang hampir sama dengan lantai parkit. Namun, bahan baku dan teksturnya berbeda. Jika parkit merupakan lantai kayu, sedangkan vinyl adalah pelapis lantai berbahan vinyl yang bermotif kayu layaknya parkit. Harganya yang lebih terjangkau dibanding parkit, membuat lantai jenis ini kini banyak dilirik.

Salah satunya oleh wanita bernama Elly. Baru-baru ini ia mengubah lantai rumahnya menjadi lantai vinyl. ‘’Konsep rumah saya adalah Scandinavian. Karena itu, agar benar-benar matching, maka saya menggunakan lantai vinyl,’’ ujarnya.


Ladies yang mengusung konsep rumah ala Scandinavian, minimalist, tropical, Japanese dan Norway cocok sekali memilih lantai vinyl. Sebab motif kayunya yang bagus dan harganya yang terjangkau, ampuh membuat desain interior kamu semakin apik.

Jika Ladies tak tertarik dengan vinyl, lantai jenis keramik bisa jadi pilihan. Di Indonesia sendiri, sebagian besar rumah, memiliki lantai keramik. Selain sangat mudah ditemukan, harganya terjangau, pilihannya pun banyak dan memasangnya tak begitu sulit.

Lantai keramik terbilang menjadi pilihan paling aman. Namun, kamu harus pintar memilih jenis, motif dan kualitas keramik agar tahan lama. Dari segi motif, kini motif ala serat kayu dan Turki banyak dipilih. Motif serat kayu nyatanya mampu membuat rumah tampak seperti menggunakan lantai kayu asli. Sehingga atmosfer rumah pun terasa lebih cozy.

Namun, jika Ladies suka dengan motif, pastikan motif lantai yang kamu pilih, sesuai dengan tema desain interiormu. Misalnya, jika mengusung tema jungle house, motif lantai bebatuan alam bisa jadi pilihan. Tapi, pemilihan motif ini akan menjadi janggal jika kamu ingin mendekor rumah dengan tema Shabby Chic. Karena itu, pemilihan motif dan jenis lantai memang harus sangat diperhatikan.

Sedangkan untuk Ladies yang tak ingin ribet dan suka konsep desain minimalis serta timeless, kamu bisa memilih lantai keramik atau marmer. Kamu cukup memilih lantai polos. Bisa berwaran putih, abu-abu dan warna dasar lain. Jika ingin bermotif, pilihlah motif marble yang terbilang aman untuk semua desain interior rumah.

Nah, jika kamu suka dengan konsep desain industrial dan unfinished, lantainya bahkan tak perlu dikeramik loh Ladies. Cukup diaci saja sampai rata dan mengkilap. Selain hemat biaya, lantai jenis ini juga estetik dan terbilang kekinian.

Jadi, sekarang sudah tahukan jenis-jenis lantai dan gimana cara mencocokkannya dengan konsep dekorasimu? Semua balik lagi ke selera dan budget masing-masing sih. Yang jelas, pilih dengan matang dan jangan sampai menyesal. Karena biaya ganti keramik dan renov lantai biasanya merogoh kocek dalam-dalam.(azr)

Laporan: SITI AZURA
Foto: Koleksi Pribadi

 





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-20.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com