PEKANBARU

Hari Libur, Karhutla Menyala di Pinggiran Kota

Lingkungan | Jumat, 02 April 2021 - 22:00 WIB

Hari Libur, Karhutla Menyala di Pinggiran Kota
Petugas melakukan upaya pemadaman lahan terbakar di Tirta Siak, Payung Sekaki, Pekanbaru, Jumat (2/4/2021) siang. (MHD AKHWAN/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Meskipun hari libur dan curah hujan beberapa hari terakhir cukup tinggi, namun tidak menyurutkan kejadian kebakaran hutan dan lahan di Riau. Salah satunya terjadi di pinggiran Kota Pekanbaru, Jumat (2/4/2021) siang.

Tim Manggala Agni Daops Sumatera IV Pekanbaru bersama TNI, dan Polri dan BPBD berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) seluas 10 hektare di Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki.


Gerak cepat tim yang berjibaku selama seharian ternyata sukses menyekat api yang menjalar dan membakar semak belukar di wilayah pinggiran ibu kota Pekanbaru tersebut.

"Karena ini kebakaran permukaan, dimana kalau kebakaran permukaan ini dengan cepat melebar atau meluas. Kalau diperkirakan kebakaran luasnya lebih kurang 10 hektare," ujar Fetra Ganda, koordinator pemadaman Karhutla Manggala Agni Daops Sumatera IV Pekanbaru kepada Riaupos.co di lokasi.

Dijelaskannya, adapun jenis kebakaran terjadi di permukaan dengan status lokasi merupakan lahan masyarakat seperti lalang, pohon akasia, pohon rambutan, pohon karet. Dominan pohon akasia.

 "Kami mendapat laporan bahwa telah terjadi Karhutla sejak Pukul 14.00 WIB. Satu regu tim dari Manggala Agni Daops Sumatera IV Pekanbaru langsung kelokasi melakukan pemadaman," jelasnya.

Selengkapnya, baca koran Riau Pos edisi terbit Sabtu (3/4/2021)

Laporan: Dofi Iskandar

Editor: Eka G Putra






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com