SATWA DILINDUNGI

Tim BBKSDA Riau Berhasil Tangkap Harimau Sumatra di Inhil

Lingkungan | Minggu, 03 Mei 2020 - 22:27 WIB

Tim BBKSDA Riau Berhasil Tangkap Harimau Sumatra di Inhil
Harimau sumatra yang ditangkap Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau di Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Inhil, Sabtu (2/5/2020) kemaren. (BBKSDA FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAU POS.CO) - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berhasil menangkap seekor harimau sumatera (panthera tigris sumatrae), setelah berhasil masuk dalam box trap yang dipasang tim terpadu di Petak 0226 Kanal Sekunder 41 D PT RIA Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Inhil dengan umpan satu ekor kambing, Sabtu (2/5/2020).


Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono mengatakan, setelah berhasil ditangkap, lalu tim terpadu membawa harimau sumatera dari lokasi ke kantor Distrik PT RIA dengan waktu 1,5 jam menggunakan perahu motor. Lanjutnya, setelah sampai di kantor Distrik PT RIA, tim medis Balai Besar KSDA Riau melakukan pembiusan terhadap satwa tersebut. 

"Lebih kurang 10 menit setelah harimau sumatera dipastikan pingsan, tim segera melakukan pemindahan dari box trap ke kandang evakuasi dan disadarkan kembali dengan antidota sebelum melanjutkan perjalanan ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PRHSD) ke Sumatera Barat," ujarnya, Ahad (3/5).

Rombongan langsung dipimpin oleh Kepala Balai Besar KSDA Riau ini pun melanjutkan perjalanan ke PRHSD Sumatera Barat dengan menempuh perjalanan selama 5 jam air dari Pelangiran ke Tembilahan, dimulai dari pukul 21.15 WIB dan sampai ke Tembilahan pukul 02.45 WIB. 

"Dari Tembilahan menuju Dharmasraya dimulai pukul 05.00 WIB,  dan sampai di Dharmasraya diperkirakan sekitar pukul 18.00 WIB, sore ini," terangnya.

Laporan: Dofi Iskandar (Pekanbaru)
Editor: Hary B Koriun
 




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com