KANTONG BELANJA

Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

Lingkungan | Minggu, 18 Oktober 2020 - 12:15 WIB

Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

(RIAUPOS.CO) - Di zaman sekarang ini, kehidupan manusia sangat sulit dipisahkan dari plastik. Dimana plastik menjadi produk serbaguna, murah, ringan dan kuat. Namun, plastik juga menimbulkan permasalahan tersendiri untuk lingkungan. Sampah plastik bahkan menjadi salah satu sumber pencemaran lingkungan hidup.

Oleh karena itu, banyak gerakan-gerakan yang dilakukan masyarakat untuk menanggulangi sampah-sampah plastik. Dari hal besar hingga hal kecil sekalipun. Salah satunya dengan memiliki kepedulian dan menerapkan pengurangan sampah plastik di keseharian dan memulai dari diri sendiri.


Salah satu masyarakat yang menerapkan hal ini, Dina Lestari mengatakan, ia cukup prihatin dengan banyaknya sampah dari plastik yang dihasilkan masyarakat setiap harinya. Ia bercerita mulai menerapkan pengurangan penggunaan plastik sejak tiga tahun lalu.

“Udah dari tiga tahun lalu mengurangi penggunaan plastik, dimulai dari hal-hal kecil dulu,” katanya, Sabtu (17/10).

Dina mengaku, meninggalkan plastik secara 100 persen adalah hal yang sulit untuk dilakukan, dimana berbagai produk dibuat setiap hari terbuat dari plastik. Kendati demikian, Dina mengatakan ia mulai mengurangi penggunaan plastik dari diri sendiri.

Menurut Dina, hal yang paling sederhana adalah dengan membawa tas belanja sendiri saat berkunjung ke pusat perbelanjaan, pasar, atau toko-toko kecil lainnya. Ia juga menolak, jika penjual menawarkannya kantong plastik untuk dipakai membawa barang.

“Kalau ke mal, ke pasar bawa tas sendiri, jadi saat pulang sudah tidak bawa plastik. Kalau ke minimarket, biasanya belanja nggak banyak. Langsung nolak kalau ditawari kantong plastik, mendingan dimasukkan langsung ke dalam tas,” ujarnya.

Dikatakan Dina, hal tersebut menjadi salah satu bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan. Ia juga mengatakan, sampah plastik memiliki jangka waktu yang sangat lama untuk bisa terurai, kandungan zat kimia di dalamnya juga akan sangat berbahaya bagi lingkungan. Dengan meminimalisir penggunaan plastik,hal tersebut menjadi salah satu cara untuk dapat menyelamatkan lingkungan.

“Mungkin yang saya lakukan ini tidak terlalu berdampak. Tapi itu jika sendiri, kalau semua orang melakukan hal serupa, pasti akan memberikan dampak yang luar biasa untuk lingkungan,” jelasnya.

Tak hanya itu, Dina juga berusaha mengajak orang-orang terdekatnya untuk melaksanakan hal yang sama, mengurangi pengunaan produk plastik, dan membawa tas belanja dari rumah.(nda)

Laporan MUJAWAROH ANNAFI, Pekanbaru








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-25.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com