BERBEKAL KAYU DAN PALU, SUHAIMI TIGA TAHUN KELILING KOTA CABUTI PAKU

Pohon Juga Punya Hak Hidup Tanpa Disakiti

Lingkungan | Minggu, 20 September 2020 - 09:40 WIB

Pohon Juga Punya Hak Hidup Tanpa Disakiti
CABUT PAKU: Suhaini dan Ikhsan saat mencabut paku di salah satu pohon yang berada di Jalan Rajawali Sakti, Sabtu (19/9/2020).

PEKANBARU, (RIAUPOS.CO) - DENGAN mengendarai sepeda ontel, berbekal sepotong kayu dan palu, Suhaimi Ilmi (63) menyusuri Kota Pekanbaru saban Sabtu pagi. Dia menghampiri pohon-pohon di tepi jalan yang terkadang penuh dengan gambar-gambar anggota dewan, atau iklan promosi usaha hingga sekolah.


Pria yang juga berprofesi sebagai dosen UIN Suska Riau ini mengatakan, dia merasa prihatin dengan pohon-pohon di tepi jalan yang digunakan masyarakat sebagai tempat media promosi, namun meninggalkan paku-paku tersebut tertancap cukup dalam.

Tanpa sadar, paku tersebut melukai pohon dan menghambat pertumbuhannya. Bagi Suhaimi, pohon lebih dari sekadar makhluk hidup. "Banyak orang tak peduli, kalau dibiarkan paku-paku ini nanti pohon akan semakin sakit," katanya, Sabtu (20/9).

Suhaimi mengaku, hampir seluruh Kecamatam Tampan sudah pernah dijajakinya.  Ia juga telah mencabut paku-paku di pohon yang berada di Jalan Tuanku Tambusai, Soekarno-Hatta, Jalan Rambutan, Kartama, Jalan Riau, dan lain-lain. "Udah sekitar tahun 2016 atau 2017, dulu sama Komunitas Sepeda Ontel," ujarnya.

Apa yang dilakukannya adalah bentuk kepedulian. Ia mengharapkan orang-orang yang memasang iklan mencabut paku-paku yang ditancapkan setelah iklan selesai, akan sangat lebih baik jika tidak memaku pohon untuk memasang iklan. Tak hanya mencabut paku, terkadang Suhaimi juga memberikan edukasi kepada masyarakat yang suka memaku pohom jika tak sengaja bertemu ketika Suhaimi tengah mencabut paku. "Pohon itu juga makhluk hidup, dan seharusnya kita menjaga kelestariannya," ujarnya. (ali)

Laporan :  Mujawarroh Annafi (Pekanbaru)

 








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-26.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com