Dari Kardus Bekas Jadi Kotak Hantaran

Lingkungan | Minggu, 25 Juli 2021 - 11:45 WIB

Dari Kardus Bekas Jadi Kotak Hantaran
Evlinda Susanti tampak memperlihatkan hasil kreasinya membuat kotak hantaran dari kardus bekas, Sabtu (24/7/2021). (PRAPTI DWI LESTARI/RIAU POS)

(RIAUPOS.CO) - KEINGINAN untuk terus mengembangkan kreatifitas dalam mendaur ulang limbah sampah tak pernah surut dari Evlinda Susanti. Warga Jalan Sei Mintan Kecamatan Bukit Raya ini selalu mencoba memanfaatkan sejumlah sampah rumah tangga yang ia jumpai sehari-hari untuk diolah kembali menjadi barang yang bernilai guna bagi masyarakat sekitar.

Kali ini Evlinda mencoba membuat kotak hantaran dari kardus bekas yang banyak ia jumpai di warung kelontong miliknya. Karena salah satu keponakannya ingin menyelenggarakan moment yang spesial dalam hidupnya. “Karena keponakan sih mau lamaran. Jadi saya terinspirasi untuk membuat sesuatu yang unik tapi tetap bagus bagi keponakan saya. Makanya kreasi kotak hantaran inilah yang saya buat, “ Ucapnya, Sabtu (24/7).


Lanjut Linda nama akrabnya. Setelah berhasil membuat kotak hantaran untuk sang keponakan. Pesanan kotak hantaran bagi dirinya mulai mengalir.  Para tetamu yang masih warga sekitar tempat tinggalnya banyak yang tertarik dengan hasil kreasinya tersebut. Ia pun mulai mengembangkan usaha rumahan miliknya itu hingga saat ini.  “Kalau pemesanan itu masih dari mulut ke mulut saja. Tapi tidak   menutup kemungkinan kalau ada yang mau pesan lagi. Saya ak coba membuka via online, “ Kata dia.

Dari hasil coba-cobanya ini, Evlinda bisa mendapatkan penghasilan tambahan Rp 400 ribu perbulan. Tergantung banyaknya pesanan kotak hantaran. “Untuk harga jual sih pakai paket, satu paket yang terdiri 4 ukuran, ukuran peling besar 45x35, ukuran sedang 40x30, ukuran kecil sedang 35x25 kecil 30x20 harganya Rp 90 ribu,”ucapnya.

Cara pembuatannya pun tidak terlalu rumit, hanya cukup mempersiapkan bahan-bahan seperti, Kain perca brokat, Lem, kardus bekas, dan gunting. Langkah pertama cara membuat kotak seserahan kali ini adalah dengan membuat pola dengan menggunakan kertas karton dengan ukuran kotak yang bisa di sesuaikan dengan ukuran yang mau dibuat, buat ukuran seserahan yang ingin dibuat seperti ukuran Panjang 17,5cm x 13, dan untuk tinggi hanya 5 cm saja.

Setelah itu, tempel kan semua sisi karton menggunakan lem kayu seperti pada, kemudian lapisi kotak karton tadi dengan menggunakan kertas kado dan di lem dengan lem kayu, kemudian rapikan setiap lekukan bentuk kain brookat tadi dan kemudian memberinya lem kayu pada bagian belakang kain, lalu aplikasikan brookat yang sudah di beri lem tadi pada bagian atas untuk hasil finisingnya.  “Kalau mau lebih cantik dan menawan lagi. Kita bisa kreasikan dengan manik-manik atau bunga serta tali tambang coklat yang memang dibuat khusus untuk memperindah kotak hantaran, “ tutupnya.(ali)

Bank BJB

Laporan PRAPTI DWI LESTARI, Pekanbaru

 



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook





TERBARU



Froozen Food - FOX Hotel Pekanbaru




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com