RX King is Back

Liputan Khusus | Minggu, 07 Agustus 2022 - 10:00 WIB

RX King is Back
Kolektor motor RX King, Antony, saat bersama koleksi motornya, Sabtu (6/8/2022). (AGUSTIAR/RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Motor yang sudah "mati" kini jadi tren untuk kembali "hidup". Bahkan ada yang berani membeli dengan harga tinggi. Salah satu kolektor RX King, Antony (68), warga Jalan Satria Perumahan Kuantan Regency, Garden Blok A  2 ini bisa dikatakan sangat maniak dengan kendaraan jenis RX King. Dia berani membeli rumah khusus hanya untuk menyimpan puluhan motor King, yang jika dihargai mencapai Rp1 miliar lebih.

RX King ini bukanlah pendatang baru di dunia otomotif di Indonesia. Motor ini bahkan sudah hadir sejak 1978 dengan nama RX. Penggunanya pun tidak hanya di perkotaan, akan tetapi juga di perkampungan dengan peminat dari kalangan tua dan muda. Performa mesinnya pun cukup luar biasa, dan menjadi tipikal motor dua tak yang kencang pada masanya.


Baca Juga : Asyiknya Berskuter

Kepada wartawan, Antony, menyampaikan, motivasi menjadi kolektor motor tua jenis RX King ini adalah karena hobi. Sejak 2010, dia sudah mulai mengoleksi RK King ini. Motivasinya lebih kepada hobi. Hobi ini berawal dari anak pertamanya, dan sampai sekarang dia teruskan hobi  ini.

“Awalnya lima unit saja. Sekarang mencapai 50 unit lebih,’’ kata Antony menceritakan awal mulanya dari hobi ini.

Mengapa memilih motor RX King sebagai koleksi? Ternyata, karena perawatannya sangat mudah. Dari puluhan motor King yang di ‘’Rumah King’’ semuanya didapat dari banyak daerah. Awalnya, motor itu dalam kondisi yang rusak.

“Ini beli dari orang ke orang. Karena sekarang sudah banyak yang tahu kalau saya itu ada juga jual belinya, maka banyak yang menawarkan juga, dibeli dari kondisi yang parah, namun direstorasi atau kami perbaiki menjadi baru lagi dengan tidak menghilangkan kesan originalnya,’’ ungkap Antony.


Mengenai harga, dia membocorkan, dari harga Rp15 juta. Semua tentunya tergantung kondisi. Saat ditanya, apa keunikan dan kelebihan motor RX King dibanding dengan yang lain? Dia menyebut, King ini legendaris. King juga sudah tidak ada lagi keluar (produksi) sejak 2009, karena King juga banyak penggemarnya, tidak hanya dari kalangan muda akan tetapi yang tua.

“Pada kami ada King dari awal produksi sampai produksi terakhir,’’ ungkapnya lagi.

Dari sekian banyak RX King, Antony sangat jatuh hati kepada RX King Master. Menurut ceritanya, jenis ini cukup banyak sejarahnya. Ini adalah motor pertama yang dibeli dan sampai sekarang masih digunakan. Koleksinya itu yang dibeli pada 1996, yaitu RX King Master, dan ini tidak dijual.

“Ini sudah sering saya bawa utnuk touring keliling sumbar bersama komunitas Kings Brother yang kami beranggota 20 orang teman kumpul-kumpul,’’ sebutnya lagi.

Bagaimana ketersediaan spare part-nya? Spare part, tidak ada masalah. Selain King Kobra, semua masih sangat mudah didapat. Disampaikannya  juga, koleksi motornya ini, tujuannya adalah untuk dijual kembali, kecuali yang King Master tadi.

‘’Dibisniskan lagi. Bagi yang berminat silakan hubungi saya dan datang ke garasi saya. Harga jual mulai dari Rp25 juta hingga Rp65 juta. Semua jenis RX King kita punya, dan dijamin dalam kondisi original. Surat-surat lengkap,’’ katanya.(gus)







BEASISWA BENGKALIS 2022




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook






EPAPER RIAU POS  5-okt.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com