Salat Witir

MUI Menjawab | Rabu, 05 Mei 2021 - 11:45 WIB

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum.    Pak ustaz yang saya muliakan, saya ingin bertanya tentang pelaksanaan salat witir, apakah boleh satu rakaat saja, atau memang harus tiga rakaat atau lebih. Dan kalau kita kerjakan tiga rakaat apakah boleh satu salam saja
Terima kasih atas jawabannya.

Zai Anwar, Dusun Tataran, KecamatanTambang


Jawab:
Alaikum salam. Terima kasih , atas pertanyaannya. Salat Witir adalah salat yang  dikerjakan di malam hari dengan jumlah rakaatnya ganjil. Jumlah rakaat Salat Witir paling sedikit satu rakaat dan paling banyak sebelas rakaat. Salat Witir dapat dilaksanakan satu rakat saja, dan boleh juga tiga rakaat, atau lima rakaat, tujuh rakaat, sembilan rakaat, atau sebelas rakaat.

Witir satu rakaat sesuai dengan sabda Radulullah SAW,  barang siapa yang senang Salat witir satu rakaat, maka kerjakanlah, dan barang siap yang senang Salat Witir tiga rakaat, maka kerjakanlah.  Barang siap yang senang Salat Witir lima rakaat, maka kerjakanlah ( HR Abu Daud dan Nasa’i )

Di samping itu, boleh juga dikerjakan  tujuh rakaat dengan satu salam. Hal ini berdasarkan sabda Rasululllah SAW yang berasal dari Ummu Salamah “ Nabi SAW Salat Witir dengan tujuh rakaat dan lima rakaat dan tidak memisahkannya dengan salam dan ucapan apapun ( HR. Imam Ahmad, Nasa’i dan Ibnu Majah )

Adapun witir dengan sembilan rakaat berdasarkan hadis A’isyah yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW Salat Witir sembilan rakaat, tidak duduk sama sekali kecuali pada rakaat ke delapan, kemudian berzikir kepada Allah bertahmid dan berdoa, lalu mengucapkan salam yang kami dengar ucapannya (HR Imam Ahmad dan imam Muslim). Sedangkan Salat Witir dengan sebelas rakaat  berdasarkan hadis A’isyah  ra yang mengatakan bahwa  “ Nabi SAW Salat Witir setelah Salat Isya sebanyak sebelas rakaat sampai Fajar (HR Al-jama’ah kecuali Muslim).

Apabila kita mengerjakan witir tiga rakaat, maka pelaksanaannya boleh dua rakaat kemudian salam, lalu satu rakaat lagi dan salam. Boleh juga dikerjakan tiga rakaat satu salam. Hal ini berdasarkan hadis Umar bin Khattab ra. Ia melakukan Salat Witir tiga rakaat dengan satu salam pada rakaat yang ketiga. Ibnu Umar mengerjakan Salat Witir tiga rakaat dengan dua salam. (HR Bukhari)

Semoga ada manfaatnya bagi semua pembaca dan untuk penanya pada khususnya. Amin Ya Rabbal Alamin.*

 


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-06-17.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com