Kapan Sujud Sahwi?

MUI Menjawab | Kamis, 06 Mei 2021 - 10:22 WIB


Pertanyaan:
Apakah dalam pelaksanaan Salat Tahajjud, Tarawih dan Witir, jika kita lupa diharuskan untuk Sujud Sahwi, seperti salat fardhu? Dan bagaimana caranya?
Dari: 0812682XXXX
Jawaban:
Sujud  Sahwi harus dilaksanakan terhadap semua salat baik yang fardhu maupun sunnat, dan tak ada perbedaan antara kedua salat tersebut. Hal ini didasarkan kepada hadits Nabawi yang menyebutkannya secara umum, yang diriwayatkan dari  Abu Said al-Khudri bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Apabila salah seorang dari kalian ragu dalam salatnya sedangkan ia tak tahu sudah berapa ia salat, tiga atau empat, maka buanglah keraguan itu dan jelaskan atas apa yang ia yakini, kemudian hendaklah ia sujud  (Sujud Sahwi) dua kali sebelum salam.” (HR al-Bukhari).

 


Sebab-Sebab Sujud Sahwi
Lupa akan salah satu rukun salat dan teringat sebelum mengerjakan rukun seperti itu pada rakaat berikutnya, maka wajib kembali mengerjakan rukun ketinggalan tersebut dan terus menyempurnakan salat. Sebelum salam melakukan untuk Sujud Sahwi.

Lupa salah satu rukun salat dan ingatnya pada saat/setelah mengerjakan rukun yang sama pada rakaat setelahnya, maka rakaat sesudahnya itu sebagai penggantinya dan rakaat yang lupa salah satu rukun tadi dianggap tidak ada. Selanjutnya menyempurnakan salat dan sebelum salam melakukan Sujud Sahwi.

Lupa jumlah bilangan rakaat yang telah dikerjakan seperti tiga atau empat, maka diambil bilangan yang kecil dan disempurnakan salat. Sebelum salam melakukan Sujud Sahwi.

Bila seorang  yang melaksanakan salat sudah salam tapi ada orang yang memberitahu bahwa salatnya kurang/ada yang terlupa, maka kembali salat menambah kekurangan itu dan sebelum salam Sujud Sahwi.

Bila seorang yang melaksanakan salat sebelum salam teringat bahwa salatnya lebih rakaat, maka hendaklah ia melakukan Sujud Sahwi.

Bila seorang imam melakukan Sujud Sahwi, maka makmum hendaknya mengikuti imam, walaupun makmum tidak tahu sebabnya dan begitu juga terhadap makmum yang masbuk belum menyudahi salatnya.

Bila lupa salah satu sunat ab`ad (1. Tasyahhud atau tahiyatul awal, 2. Duduk dalam tasyahhud atau tahiyatul awal, 3. Membaca shalawat dalam tasyahhud awal, 4. Membaca shalawat atas kelurga (Aali) Nabi Muhammad SAW saat duduk penghabisan, 5. Dalam mazhab Syafi`iyah; lupa membaca doa qunut pada Salat Subuh dan Salat Witir setelah setengah yang akhir Ramadan dan teringat tidak usah kembali kepada sunat tersebut tapi sebelum salam melakukan Sujud Sahwi.   

Cara Melakukan Sujud Sahwi
Sujud Sahwi merupakan sujud yang dilakukan dalam salat sebelum salam disebabkan kelupaan dalam pelaksanaan salat. Sujud Sahwi ini sama dengan dua sujud yang biasa, yakni dimulai dengan takbir dan duduk antara dua sujud baru salam.

Bacaan Sujud Sahwi
Dalam Sujud Sahwi hendaklah dibaca tasbih yang berbunyi: “Subhana man la yanamu wa la yashu” artinya: “Maha suci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa”.***

 


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-06-17.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com