Bandara Halim Kembali Layani Penerbangan

Nasional | Rabu, 01 Januari 2020 - 21:55 WIB

Bandara Halim Kembali Layani Penerbangan
ILUSTRASI: Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur kembali beroperasi normal. (Istimewa)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Bandara Halim Perdana Kusuma kembali beroperasi normal. Sebelumnya, sempat ditutup untuk penerbangan karena adanya genangan air setinggi 30 centimeter. Sehingga membahayakan untuk take off maupun landing pesawat terbang.


Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto mengatakan, Danlanud Halim Perdana Kusuma sudah melakukan berbagai upaya pengeringan. Mulai dari penyedotan, maupun pengalihan air. Hasilnya sejak pukul 15.00 WIB, lintasan berhasil dikeringkan. Dan 30 menit kemudian bisa digunakan untuk penerbangan.

"Mulai 15.30 semua penerbangan baik militer maupun sipil sudah bisa melaksanakan secara normal di bandara Halim," kata Fajar saat dihubungi, Rabu (1/1).

Selama ditutup, Fajar menyebut ada 22 penerbangan dari Halim yang ditunda. Sedangkan 7 pendaratan di Halim dialihkan ke Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Banten. Sementara itu, untuk penerbangan militer khusus hari ini memang tidak ada jadwal. Sehingga tidak terdampak genangan ini.

Fajar menyebut, genangan di Bandara Halim Perdanakusuma terjadi karena beberapa sebab. Seperti drainase yang tidak bisa cepat menyerap air hujan karena intensitasnya terlampau tinggi. "Drainase ini kan kita buang ke luar. Nah tapi, ternyata sungai-sungai di luar itu banjir juga. Itu yang menyebabkan menggenang," terangnya.

Pengeringan sendiri berhasil dilakukan setelah Danlanud memompa air diarahkan ke kolam-kolam yang lokasinya lebih rendah dari lintasan bandara. Guna mencegah peristiwa ini terulang kembali, Danlanud sudah merencanakan evaluasi.

Seperti merawat pompa air supaya tetap terjaga fungsinya. Kemudian membersihkan saluran drainase agar aliran air bisa lebih lancar. “Antisipasi yang jelas kita mungkin nanti akan memperbesar drainase. Jadi, bukan Bandara Halim saja tapi terkait perumahan-perumahan yang ada di luar, sungai, itu jadi memang agak kompleks ini persoalannya,” pungkas Fajar.
Sumber: Jawapos.com
Editor: ErizalILUSTRASI: Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur kembali beroperasi normal. (Istimewa)
 




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-14.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com