Dirilis, Eko Yuli Irawan the Movie

Nasional | Rabu, 04 Agustus 2021 - 16:24 WIB

Dirilis, Eko Yuli Irawan the Movie
Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan. (JAWAPOS.COM)

JAKARTA (RIAU POS.CO) - Lifter tersukses Indonesia saat ini ialah Eko Yuli Irawan. Dia telah mengoleksi dua perak dan dua perunggu Olimpiade. Atas capaian tersebut, kisah Eko sangat layak diangkat dalam sebuah film.

Selasa (3/8/2021) film pendek berjudul Eko Yuli Irawan the Movie resmi dirilis di YouTube. Film itu berdurasi sekitar 10 menit. Film dari SFIDN FITS tersebut lebih berfokus menceritakan kisah awal Eko berkenalan dengan angkat besi hingga mencapai rekor dunia pada 2018.


Eko kaget ketika rumah produksi memberikan tawaran tersebut pada Mei lalu.

”Awal-awal mau ngobrol, tahu-tahu mau bikin film. Bahkan, mereka sudah menyiapkan lagu untuk filmnya nanti. Sudah hampir siap semuanya,” ujarnya.

Sebelum Olimpiade Tokyo 2020, Eko juga sempat terlibat dalam beberapa pengambilan adegan.

”Cuma sehari syuting selama beberapa jam. Ada sedikit diskusi soal ceritanya. Lalu, digabungkan dengan adegan di kejuaraan,” jelasnya.

Film pendek itu membuat Eko terharu. Dia sempat membayangkan, jika di Tokyo dirinya bisa mendapat medali emas, mungkin hasilnya akan sedikit berbeda.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, Eko membawa pulang perak untuk kelas 61 kg. Dia mencatat hasil snatch 137 kg, clean and jerk 165 kg, dan total angkatan 302 kg.

"Mungkin bisa jadi film (panjang) beneran kali ya. Mudah-mudahan, film pendek ini bisa jadi inspirasi. Banyak yang mungkin belum tahu awal karier saya gimana. Melalui film ini, ada gambaran meski tidak sama persis,” ungkap lifter 32 tahun tersebut.

Selain film, Eko mendapat tawaran untuk membuat buku tentang kisahnya. Namun, sampai saat ini dia belum bisa fokus. Eko tahu penulisan sebuah buku perlu proses yang lebih panjang.

"Harus ngasih detail-detailnya kan. Nanti, kalau ada waktu kosong, mungkin bisa dilanjutkan. Butuh waktu panjang untuk menceritakan awal karier, suasana pelatnas, suasana pertandingan,” jelas Eko.

 

Sumber: Jawapos.com

 

Editor: Erwan Sani



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook







Froozen Food - FOX Hotel Pekanbaru




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com