LOMBA INTERNASIONAL

Furqon Elwe, Kartunis Riau Pos Juara International Cartoon Carricatur Contest

Nasional | Kamis, 05 Maret 2020 - 12:56 WIB

Furqon Elwe, Kartunis Riau Pos Juara International Cartoon Carricatur Contest
Wapemred Perwajahan Riau Pos Furqon LW foto bersama Ketua MKA LAM Riau Datuk Seri Al Azhar beberapa waktu lalu dalam pameran kartun di Pekanbaru.(dok)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Furqon Elwe, kartunis kawakan asal Riau berhasil menyabet juara dalam kontes Kartun dan Karikatur Internasional 2019 (International Cartoon Carricature Contest 2019) yang diadakan oleh organisasi Generasi Lintas Budaya sejak 01 November 2019 hingga 31 Januari 2020. 

Adapun tema dalam kompetisi internasional tersebut ialah Green Optimistic Indonesia. Terbukti, karya Furqon, kartunis Riau Pos ini berhasil menyaingi 298 peserta dengan 1.226 karya dari 47 negara.

Pada hari Senin, 24 Februari 2020, bertempat di Hotel Werdhapura, Sanur Bali, karya-karya tersebut dilakukan penjurian final.


Dewan juri yang menilai karya-karya dari kartunis lintas negara itu terdiri dari Yere Agusto (koordinator juri), Yehana SR, Jango Pramartha, dan Remy Sylado. Mereka telah memilih pemenang dengan cermat yang meliputi aspek-aspek teknis, estetis, ide, orisinalitas, dan otentisitas dari masing-masing kategori lomba.

Adapun para pemenang masing-masing kategori adalah, di kategori Kebakaran Hutan dan Lahan pemenangnya yaitu Muchid Rahmat asal Indonesia, kategori Sampah Plastik, pemenang Hooman Tahvildar Akbary asal Iran, kategori Penebangan Liar, pemenang Valentin Druzhinin asal Russia, kategori Gerakan Nasional Daerah Pemulihan Aliran Sungai, pemenang Luc Descheemaeker dari Belgia.

Kemudian, kategori Perubahan Iklim Pemenang, Sukriyadi Sukartoen asal Indonesia, Kategori Manfaat Lahan Gambut, lemenang yaitu Furqon Elwe asal Indonesia dan kategori Pesona Alam Indonesia, pemenang Mohammad Hossein Akbari asal Iran.

Selain ketujuh pemenang tersebut, Dewan Juri telah bersepakat untuk memilih dua orang pemenang hadiah wisata ke Taman Nasional di Indonesia, yakni Furqon Elwe asal Indonesia dan Luc Descheemaeker asal Belgia.

Mereka dinyatakan berhak menerima hadiah wisata ke Taman Nasional Sebangau, Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Furqon Elwe merasa bersyukur dan berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan, sehingga dirinya berhasil meraih penghargaan internasional ini. Diakui Furqon, ini adalah untuk pertama kalinya ikut kontes kartun internasional.

''Terus terang ini pertama kalinya saya ikut kontes kartun internasional dan Alhamdulillah berhasil mendapatkan penghargaan. Tentu keberhasilan ini tak lepas dari dukungan semua pihak, terutama keluarga, kawan-kawan di Riau Pos, para karikatur yang ada di Riau,'' ungkap Furqon. 

 

Laporan: *1/Eka Gusmadi Putra
Editor: E Sulaiman




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-13.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com