Sudah 1.398 Jemaah Haji Riau Tiba di Tanah Air

Nasional | Jumat, 05 Agustus 2022 - 09:08 WIB

Sudah 1.398 Jemaah Haji Riau Tiba di Tanah Air
JEMAAH HAJI (INTERNET)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Sebanyak 446 Jemaah Haji Riau yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 7 BTH telah tiba di Debarkasi Haji Antara (DHA) Riau, Kamis (4/8) sekitar pukul 03.00 WIB. Jemaah tersebut berasal dari Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sebanyak 301 orang, 140 jemaah asal Kabupaten Pelalawan, dan lima petugas.

Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Haji Antara Riau Mahyudin mengatakan, hingga Kloter 7 BTH/ Kloter 4 Riau sudah sebanyak 1.398 jemaah yang sampai ke Tanah Air. Sedangkan jemaah yang wafat di Arab Saudi ada empat orang dan satu orang wafat dalam perjalanan menuju ke daerah asal  yaitu Zulmishar nin Muhammad Ali Ahmad asal Indragiri Hulu.

Yamaha Alfa Scorpii

"Dan satu orang jemaah kita sampai saat ini masih dirawat di RS BP Batam yaitu Kasni Murni Wardi. Kita doakan agar segera diberi kesembuhan sehingga bisa kembali berkumpul dengan keluarga," harap Mahyudin.

Sementara itu, Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur mengatakan, saat keberangkatan, total jemaah Kloter 7 BTH berjumlah 449 orang. Namun, dua jemaah Inhil tanazul ke Kloter 2 BTH atas nama Nurhadi bin Amran Abedan dan Zainab binti Mahidin.

Kemudian ada jemaah Pelalawan wafat di Arab Saudi atas nama H Norlius Ilyas Intan Kayo pada 29 Juni 2022 lalu. "Kamis dini hari jemaah haji Riau asal Inhil dan Pelalawan telah tiba di DHA Riau 446 orang," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, begitu tiba di DHA Riau, seluruh jemaah haji dan petugas dilakukan pemeriksaan kesehatan Covid-19 dengan tes rapid antigen. Di mana hasil seluruhnya dinyatakan negatif. "Para jemaah tersebut telah dipulangkan ke daerah masing-masing menggunakan bus yang disiapkan pemerintah setempat," ujarnya.


Sementara itu, operasional ibadah haji bagi jemaah haji Indonesia di Kota Makkah berakhir kemarin. Ditandai dengan pemberangkatan tiga kloter terakhir jemaah haji menuju Madinah. Selanjutnya, mereka akan beribadah di Madinah dan pulang ke Tanah Air melalui Bandara Madinah.

Tiga kloter tersebut adalah Kloter 8 Embarkasi Balikpapan serta Kloter 42 dan 43 Embarkasi Solo. "Layanan Daker (Daerah Kerja) Makkah berakhir hari ini (kemarin, red)," kata Kepala PPIH Daker Makkah Muhammad Khanif.

Visa Umrah Berlaku Tiga Bulan

Sementara itu, sejumlah kebijakan baru dibuat untuk penyelenggaraan umrah tahun 1444 Hijriah. Di antaranya, visa umrah yang sebelumnya berlaku satu bulan kini menjadi tiga bulan. Selain itu, tidak ada pembatasan kuota umrah untuk jemaah dari segenap penjuru dunia.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Nur Arifin menyatakan, informasi terbaru soal penyelenggaraan umrah tersebut disampaikan langsung pemerintah Saudi. "Alhamdulillah, kita mendapatkan kepastian bahwa Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi membuka seluas-luasnya jumlah kuota jemaah umrah 1444 Hijriah," katanya Kamis (4/8).

Pemerintah Saudi juga mempermudah pengurusan visa umrah. Sebelumnya, untuk mendapatkan visa umrah, harus mengurus melalui provider visa yang ada di Indonesia. Dalam skema yang baru, penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) atau travel bisa mengurus visa melalui provider di Arab Saudi langsung.


Kemudian, masa berlaku visa umrah diperpanjang. Dari sebelumnya berlaku satu bulan menjadi tiga bulan. "Jemaah dengan visa umrah dapat mengunjungi seluruh wilayah Arab Saudi," ujarnya. Jadi, tidak lagi terbatas di Kota Makkah, Madinah, dan Jeddah saja.

Terkait polemik kenaikan harga tiket umrah, Nur Arifin pernah berkoordinasi dengan Direktorat Perhubungan Udara. "Berkaitan harga tiket, pemerintah tidak mengatur harga tiket," ucapnya. Ketentuan harga tiket diserahkan ke maskapai sesuai dengan mekanisme pasar.

Sebelumnya Kasubdit Pengawasan Umrah dan Haji Khusus Kemenag M. Noer Alya Fitra menjelaskan lebih detail kebijakan visa di Arab Saudi. Dia mengatakan, saat ini visa selain umrah juga bisa digunakan untuk beribadah umrah. Bahkan, visa transit dengan durasi 24 jam juga dapat digunakan untuk umrah. Dengan catatan harus melakukan booking terlebih dahulu di aplikasi Tawakkalna atau Eatmarna.(sol/wan/c9/oni/jpg)








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



HUT RI 77 Rokan hilir

BRI Simpedes II PKU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-18.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com