POSO

2 Petani Tewas Tertembak Satgas Tinombala, Polri: Korban di Zona Merah

Nasional | Selasa, 07 Juli 2020 - 14:00 WIB

2 Petani Tewas Tertembak Satgas Tinombala, Polri: Korban di Zona Merah
ILUSTRASI

BAGIKAN


BACA JUGA

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Satgas Tinombala melakukan aksi salah tembak terhadap dua orang warga di Dusun Sipatuo, Desa Kilo, Poso pada 2 Juni 2020. Korbannya adalah dua orang petani Syarifudin, 25, dan Firman, 17. Keduanya diketahui saat itu tengah memanen kopi di kebun.

Terkait kasus tersebut, Provos telah turun tangan melakukan penyelidikan. Hasil analisa yang dilakukan, menyebutkan jika lokasi salah tembak merupakan zona merah.


“TKP penembakan yakni KM.09 Desa Kawende Kec. Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso berdasarkan analisa Tim intelijen dan Tim IT memang wilayah tersebut merupakan zona merah yang sering muncul gangguan seperti kontak senjata,” kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Awi Setiyono, Senin (6/7).

Oleh karena itu, aparat membuat pos sekat untuk mengontrol setiap warga yang hendak keluar atau masuk wilayah KM 09. Mereka diharuskan melapor kepada petugas terlebih dahulu. Saat peristiwa terjadi, kondisi di sana sedang hujan sehingga tidak ada masyarakat yang turun ataupun pulang.

“Pada saat kejadian kedua korban yang memasuki area KM.09 tidak melapor ke petugas Pos Sekat terlebih dahulu. Sehingga sebagaimana aturannya, tim yang bertugas patut mewaspadai dan segera melakukan ambush (penyergapan/penghadangan),” imbuh Awi.

Dia menyampaikan, petugas sudah bertindak sesuai SOP. Petugas sempat meminta kepada dua orang korban agar tidak bergerak dan tidak melarikan diri. Namun dihiraukan kedua korban. Petugas kemudian melepaskan tembakan peringatan, namun tetap dihiraukan. “Kemudian petugas melakukan penembakan mengakibatkan keduanya meninggal dunia,” jelas Awi.

Sudah dicek klkondisi kedua korban, salah satu petugas mengenali warga tersebut berasal dari KM.09 yaitu Desa Kawende Kecamatan Poso Pesisir Utara. Kedua jenazah kemudian dievakuasi petugas ke desa asalnya.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: E Sulaiman



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-11.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com