KHUSUS PENANGANAN PASIEN CORONA

RS Penyakit Menular di Galang Dapat Pasokan Air dari Sei Gong

Nasional | Minggu, 08 Maret 2020 - 02:57 WIB

RS Penyakit Menular di Galang Dapat Pasokan Air dari Sei Gong
Dam Sei Gong. (BATAMPOS.CO.ID)

BATAM (RIAUPOS.CO) -- Pembangunan rumah sakit khusus penanganan pasien epidemi corona  dan penyakit menular lainnya di gedung eks Camp Vietnam masih dibahas di tingkat pimpinan Badan Pengusahaan (BP) Batam. BP juga memastikan akan mengatur suplai airnya nanti.

"Ini saya sebentar lagi mau kesana dengan Pak Deputi," kata Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam, Binsar Tambunan, Kamis (5/3) di Gedung Marketing Centre BP Batam.

Binsar menegaskan bahwa suplai air ke rumah sakit nanti akan dipasok dari Waduk Sei Gong. "Sei Gong saat ini tengah dalam pengisian impounding atau pengisian awal,” jelasnya.


Pemilihan suplai air dari Waduk Sei Gong bukan tanpa alasan. Lokasi rumah sakit yang akan dibangun nanti ada di Galang yang juga dekat dengan lokasi Sei Gong.

"Kebetulan lokasi Galang itu di hulu Sei Gong. Ada pipa sepanjang tiga kilometer disana yang dulu dipakai untuk sumber air pengungsi dari Vietnam. Nanti suplainya akan dilakukan BP Batam," ungkapnya.

Waduk Sei Gong merupakan satu dari 65 proyek bendungan yang digarap oleh pemerintah. Waduk ini dibangun untuk mendukung ketersediaan air di Batam.

Kebutuhan air baku di Batam pada 2020 mendatang diperkirakan mencapai 4.500 liter per detik, saat ini masih ada kekurangan sekitar 750 liter per detik.

Dengan kapasitas bendungan Sei Gong yang mencapai 400 liter per detik, jika nantinya beroperasi maka akan menyisakan kekurangan sebanyak 350 liter per detik saja.

Pada prosesnya waktu pengerjaan waduk ini selama 1.440 hari, dengan anggaran Rp238,44 miliar. Waduk Sei Gong memiliki ukuran panjang 280 meter dan tinggi 12 meter. Adapun tipe waduk ini berjenis waduk urungan tanah.

Waduk Sei Gong ini memiliki luas genangan air 355,99 hektare dengan kapasitas tampung 11,8 juta meter kubik.

Sumber: Batampos.co.id
Editor: Rinaldi

 



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-10.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com