TAK HANYA KORBAN PHK

Ojol Bisa Manfaatkan Kartu Prakerja Rp 3,55 Juta

Nasional | Rabu, 08 April 2020 - 16:30 WIB

 Ojol Bisa Manfaatkan Kartu Prakerja Rp 3,55 Juta
ILUSTRASI driver ojol.(JAWA POS RADAR JOGJA)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) – Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyampaikan, program Kartu Prakerja bagi masyarakat terdampak virus corona Covid-19 seperti Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akan segera diluncurkan besok, Kamis (9/4).

 Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani mengatakan, Kartu Prakerja akan dirilis oleh jajaran Project Management Office (PMO) dan Menko Perekonomian.

“Rencananya sih Kamis akan di-launching dirilis PMO dan Menko Perekonomian,” ujarnya dalam video conference, Rabu (8/4).

Askolani menjelaskan, program Kartu Prakerja tersebut telah dimodifikasi untuk menghadapi dampak virus Covid-19. Anggarannya pun telah dinaikkan menjadi Rp 20 triliun. Nantinya kartu tersebut bukan hanya dapat digunakan oleh masyarakat korban PHK namun perkerja sektor informal seperti ojek online.

“Skemanya diubah. Pemerintah betul-betul menangani Covid untuk mereka mengalami PHK dan sektor informal yang kesulitan oleh dampak Covid-19. Maka akan ada 5,6 juta peserta yang dibantu oleh program Kartu Prakerja,” jelasnya.

Adapun bantuan yang akan diterima penerima manfaat senilai Rp 3,55 juta yang terdiri dari biaya pelatihan Rp 1 juta, insentif sebesar Rp 600 ribu yang diberikan empat bulan sehingga totalnya Rp 2,4 juta, dan survei Rp 50 ribu sebanyak 3 kali atau totalnya Rp 150 ribu.

“Penerima manfaat pencari kerja yaitu pekerja informal dan formal pelaku usaha yang terdampak Covid minimal usia 18 tahun,” tuturnya.

Sumber:JawaPos.com
Editor: Deslina





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-14.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com