TELAAH KPPU

Harga BBM Harusnya Bisa Turun Sejak Maret

Nasional | Jumat, 08 Mei 2020 - 23:11 WIB

Harga BBM Harusnya Bisa Turun Sejak Maret
Gedung KPPU. (DOK JAWAPOS.COM)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia menjadi perhatian Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di tengah merosotnya harga minyak dunia. Menurut Direktur Ekonomi KPPU Zulfirmansyah, semestinya harga BBM di Indonesia sudah turun sejak Maret.

Firman menuturkan harga minyak mentah terus menurun sejak 19 Februari lalu. Tren penurunan harga minyak dunia juga telah membuat sejumlah negara di ASEAN melakukan penyesuaian harga.


Dalam data yang ia presentasikan, harga BBM di tujuh negara ASEAN turun drastis. Di Myanmar, misalnya, harga BBM jenis RON 95 berada di kisaran Rp5 ribuan per liter, jauh di bawah harga BBM jenis RON 90 di Indonesia.

"Sementara di domestik, kita lihat trennya tidak pernah turun sejak September. Di beberapa periode ada penurunan seperti Desember, naik lagi Januari dan turun Februari, tapi tidak signifikan," katanya, dilansir dari Antara, Jumat (8/5).

Firman juga mencontohkan, harga BBM Shell di Singapura yang terus turun secara signifikan sejak Januari lalu. Ia juga mengatakan penyesuaian harga BBM di sejumlah negara bahkan telah dilakukan per pekan.

Namun, penyesuaian harga BBM di dalam negeri tak kunjung dilakukan baik oleh PT Pertamina (Persero) maupun perusahaan penyalur BBM swasta lainnya.

"Artinya kalau memang bisa disesuaikan seharusnya sudah bisa disesuaikan Maret atau April. Tapi ini tidak dilakukan baik oleh Pertamina maupun empat perusahaan swasta SPBU lain," katanya.

Dalam kesempatan sama, Komisioner KPPU Guntur Saragih menambahkan, pihaknya memang tidak bisa melakukan intervensi terhadap penetapan harga BBM.

"Tapi, kalau ada pelaku usaha secara bersama tidak mengindahkan atau melanggar (regulasi) itu, tentu berpotensi terhadap pelanggaran Pasal 5 soal penetapan harga (dalam UU Persaingan Usaha Tidak Sehat)," katanya.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com