DIDATA LEWAT HRD

Penerima Bansos Harus Terdaftar di BPJamsostek

Nasional | Sabtu, 08 Agustus 2020 - 20:08 WIB

Penerima Bansos Harus Terdaftar di BPJamsostek
Ilustrasi. (NET)

SURABAYA (RIAUPOS.CO) -- Pemerintah terus mematangkan rencana pemberian bantuan sosial (bansos) bagi karyawan non-PNS dan BUMN yang terdaftar di BPJamsostek senilai Rp600 ribu per bulan. Salah satunya meminta BPJamsostek menyiapkan data-data penerima bansos.

"Kami ditugaskan pemerintah menyiapkan data peserta bergaji di bawah Rp5 juta. Diharapkan dengan adanya kebijakan tersebut, tidak ada pekerja yang di-PHK maupun dirumahkan," ungkap Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJasmsostek, Sumarjono saat menjadi narasumber diskusi virtual yang diselenggarakan Sahabat Pekerja Indonesia bekerja sama dengan JawaposTV, Sabtu (08/08/2020).


Kenapa diberikan subsidi gaji hanya yang masuk di BPJamsostek saja? Menurut Sumarjono ini sebagai pelajaran bagi perusahaan dan pekerja agar bisa menjadi peserta BPJamsostek. Karena dengan masuk menjadi anggota BPJamsostek, pekerja akan mendapatkan jaminan terutama jaminan hari tua. Ini setidaknya dapat membantu pekerja yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

"Teknisnya nanti, kami bekerja sama dengan HRD di mana Bapak/Ibu bekerja. Kami dapat informasi rekening dari HRD, baru kemudian rekening itu kami sampaikan kepada pemerintah untuk segera dibayarkan langsung ke rekening yang telah kami kumpulkan tadi," jelasnya.

Sumarjono, menegaskan jaminan sosisal adalah hak warga negara. "Seharusnya kita juga mempertanyakan kepada pemberi kerja kita, apakah kita sudah dijamin dengan jaminan ketenagakerjaan atau belum," ujarnya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi JawaposTV Group, Abdul Rokhim mengatakan, stimulus pemerintah sebesar Rp600 ribu tersebut, sangat penting di tengah kondisi pandemi saat ini. Termasuk di industri media yang juga terimbas Covid-19. "Kita di media juga menjadi sektor yang betul-betul kena dampak Covid-19 ini," akunya.

Ia berharap, bansos ini benar-benar direalisasikan dan perlu disosialisasikan sehingga informasinya dapat diterima oleh seluruh pekerja. "Yang penting insentif ini sampai dan dirasakan langsung oleh pekerja. Program ini perlu disosialisasikan lagi, agar banyak pekerja yang tahu," tegasnya.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-26.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com