KASUISTIKA

Mahfud MD: Sopir Istri Ferdy Sambo Tersangka Ketiga Kasus Brigadir J

Nasional | Senin, 08 Agustus 2022 - 21:49 WIB

Mahfud MD: Sopir Istri Ferdy Sambo Tersangka Ketiga Kasus Brigadir J
Sejumlah massa melakukan aksi menyalakan lilin untuk mengenang 30 hari wafatnya Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J) di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (8/8/2022). Dalam aksinya mereka menuntut keadilan pada kematian Brigadir J dan mendukung Polri untuk adil dan transparan untuk menuntaskan kasus kematian Brigadir J. (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut adanya tersangka baru dalam kasus kematian Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Sampai saat ini ada 3 polisi yang telah dinaikan status hukumnya.

“Tiga (tersangka),” kata Mahfud saat dikonfirmasi, Senin (8/8/2022).


Tersangka terbaru adalah sopir istri Irjen Pol Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi berinisial K. Namun, Mahfud belum membeberkan peran tersangka baru ini.

“Bharada E, ajudan Bu Putri dan sopir Bu Putri (R dan K),” ucap Mahfud.

Sementara itu, JawaPos.com telah berusaha meminta konfirmasi adanya tersangka baru ini kepada pihak Polri. Namun, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian dan Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto tak ada yang merespons sampai berita diterbitkan.

Kabareskrim sendiri beberapa waktu sebelum Mahfud mengumumkan sopir Putri Chandrawathi sebagai tersangka, enggan membeberkan adanya tersangka baru. Dia meminta publik menunggu terlebih dahulu.


“Tunggu ekspose besok ya,” ucap Agus.

Sebelumnya, Penyidik Bareskrim Polri resmi menetapkan Bharada Richard Eliezer alias Bharada E sebagai tersangka tewasnya Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Dia diketahui sebagai penembak langsung Brigadir J.

“Penyidik sudah melakukan gelar perkara dan pemeriksaan saksi sudah kita anggap cukup untuk menetapkan Bharada E sebagai tersangka,” kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2022).

Andi menuturkan, Bharada E disangkakan melanggar Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Dalam kasus ini penyidik telah memeriksa 42 saksi termasuk beberapa saksi ahli.

 

Penyidik juga telah melakukan uji balistik, termasuk telah menyita sejumlah barang bukti. Seperti alat komunikasi, CCTV, dan lainnya.

“Dari hasil penyidikan tersebut pada malam ini penyidik sudah melakukan gelar perkara, dan pemeriksaan saksi juga sudah kita anggap cukup,” jelas Andi.

Tak lama setelah itu, Timsus kembali menetapkan seorang tersangka. Dia adalah ajudan istri Ferdy Sambo, Brigadir Ricky Rizal (RR). Dia bahkan dikenakan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana, dan bisa dihukum sampai pidana mati.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: Edwar Yaman

 

 







BEASISWA BENGKALIS 2022




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook






EPAPER RIAU POS  5-okt.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com