OTOMOTIF

Tips Mudah Atasi Piringan Cakram Motor yang Macet

Nasional | Rabu, 09 September 2020 - 15:11 WIB

Tips Mudah Atasi Piringan Cakram Motor yang Macet
Ilustrasi piringan cakram motor.(JAWAPOS.COM)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Seperti diketahui fungsi dari rem sebenarnya sama yaitu untuk menghentikan laju kendaraan. Maka sangat jelas, fungsi alat ini sangat penting. Bisa dibayangkan, saat kendaraan melaju dengan kencang, dan tiba-tiba di depan ada kendaraan yang berhenti. Maka jalan satu-satunya adalah harus menghentikan laju kendaraan agar tidak terjadi kecelakaan.

Rem kendaran motor sendiri ada dua jenis, yaitu rem tromol dan rem cakram. Keduanya mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk menghentikan laju kendaraan bermotor. Cara kerja dari rem adalah dengan melakukan gesekan pada roda yang sedang berputar.

Gesekan terjadi apabila tuas rem ditarik sehingga rem akan berhimpitan dengan roda kendaraan dan menimbulkan gesekan. Gesekan tersebut akan mengakibatkan putaran roda jadi melambat dan akhirnya berhenti.


Namun ada kalanya rem macet untuk mengatasi rem cakram motor yang macet, sebenarnya tidak terlalu sulit. Tetapi memang diperlukan ketelitian dan kesabaran, karena ada beberapa bagian yang harus dibuka dan dilepas.

Alat yang digunakan untuk membersihkan juga mudah didapatkan. Cukup menggunakan sabun cair, sikat gigi, dan pelumas. Tetapi untuk membersihkan rem yang macet, sebaiknya diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Dengan begitu, pembersihan dan penanganannya bisa lebih tepat. Cara mengatasi rem macet sendiri secara umum diantaranya sebagai berikut.

Rem macet yang disebabkan karena kotoran atau debu, cara mengatasinya adalah dengan membersihkan kotoran tersebut. Kotoran biasanya menempel pada master rem motor, maka bagian tersebut yang harus dibersihkan. Cara membersihkannya adalah

Buka kaliper pada piringan cakram dengan kunci L. Lepas kaliper tersebut lalu semprot bagian celah piston kecil dan komet master rem hingga bersih. Untuk menyemprot bisa dengan menggunakan campuran air dan sabun cuci piring cair. Pasang kembali kaliper seperti semula. Pastikan kaliper terpasang pada posisi yang tepat.

Rem Seret Karena Karat

Untuk mengatasi rem macet akibat karat, tentunya adalah dengan membersihkan karat tersebut. Penyebab timbulnya karat piringan rem dalam keadaan basah terus menerus tanpa pernah dibersihkan. Cara mengatasi rem seret karena karat adalah sebagai berikut

Buka kaliper pada piringan cakram. Setelah lepas, bersihkan karat hingga piringan bersih. Setelah karat hiang, olesi piringan cakram dengan menggunakan grease atau gemuk. Lalu kembalikan kaliper pada posisi semula dengan benar.

Rem seret karena kampas habis atau salah pemasangan

Untuk mengatasi rem seret karena kampas rem habis atau salah pemasangan, satu-satunya jalan adalah dengan membawa ke ahlinya yaitu bengkel. Kampas rem yang habis diganti dengan yang baru. Untuk pemasangannya sebaiknya dilakukan di bengkel.

Rem seret memang sangat mengganggu dan juga membahayakan. Untuk itu, masalah rem seret atau cakram motor macet, sebaiknya segera dicarikan jalan keluarnya yaitu dengan mengunjungi bengkel Suzuki terdekat untuk dilakukan pengecekan dan mengetahui lebih lanjut keadaan motor yang sebenarnya

Sumber: Jawapos.com

Editor: Eka G Putra










youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-22.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com