SRIWIJAYA AIR JATUH

Ombak Jadi Kendala Pencarian, Kotak Hitam  Belum Ditemukan

Nasional | Selasa, 12 Januari 2021 - 01:01 WIB

Ombak Jadi Kendala Pencarian, Kotak Hitam  Belum Ditemukan
Kotak hitam yang merekam suara sebuah pesawat. (ILUSTRASI)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut sinyal dua black box atau kotak hitam Sriwijaya Air SJ-182 sudah diketahui. Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian black box tersebut. 

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyebut kondisi laut yang berombak di lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 menjadi sebuah kendala dalam proses pencarian black box pesawat tersebut. 


"Saat ini situasi laut tidak seperti kemarin, saat ini berombak," kata Yudo saat tinjau langsung lokasi jatuhnya pesawat, Senin (11/1/2021). 

Mantan Pangkoarmada I ini menyampaikan bahwa situasi tersebut tentunya akan  mempengaruhi jarak pandang  (visibilty) tim penyelam di bawah laut. Kendati demikian, Yudo meyakini kondisi ini tak menyurutkan semangat tim penyelam di lokasi. 

"Tadi saya tekankan untuk tetap sabar tetap mencari dengan kemampuan profesionalisme yang dimiliki," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal), Laksma TNI Julius Widjojono menyampaikan,  hingga Senin sore, tim di lokasi yang diduga sebagai tempat jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 belum mendapatkan keberadaan black box dari pesawat tersebut.

Julius menyampaikan, dalam proses pencarian black box ini, tim di lapangan telah menurunkan Remotly Operated Vehicle (ROV). Alat ini diharapkan bisa menemukan keberadaan dari black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

"Belum (ditemukan). (Saat ini) area nya makin diperkecil, butuh kesabaran ekstra," kata Julius saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (11/1/2021). 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-01-18.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com