PERUBAHAN KABINET

Pembentukan Kementrian Baru Disetujui, Isu Reshuffle Kabinet Merebak

Nasional | Senin, 12 April 2021 - 00:05 WIB

Pembentukan Kementrian Baru Disetujui, Isu Reshuffle Kabinet Merebak
Jokowi-Ma’ruf saat mengumumkan menteri-menteri yang akan membantunya di Kabinet Indonesia Maju pada 2019 lalu. (RAKA DENY/DOK.JAWAPOS.COM)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - DPR RI menyetujui adanya pembentukan kementerian baru, yakni penggabungan antara Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Kementerian Investasi.

Saat ini Kemenristek dipimpin oleh Bambang Brodjonegoro dan kursi Mendikbud ditempati Nadiem Makarim. Atas peleburan ini pun, mulai muncul akan adanya isu reshuffle.


Terkait siapa yang akan dipercaya memimpin Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji menuturkan bahwa itu adalah kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun yang pasti, menteri harus memiliki rekam jejak yang bagus.

“Saya pikir perlu mendengarkan suara publik, orang yang punya track record panjang soal mengelola pendidikan, kalau pak menteri (Nadiem) sekarang kan nggak punya track record pendidikan, lalu dipaksakan sehingga banyak kebijakan yang di lapangan bermasalah,” jelasnya kepada JawaPos.com, Ahad (11/4/2021).

Menurut dia, jika terjadi perubahan menteri, kriteria yang harus ada tentunya memiliki kiprah di bidang yang akan ditanganinya. Lalu, yang pasti dia bagian dari kelompok-kelompok yang memiliki integritas tinggi pada pendidikan.

“Terakhir tentu dia visioner, banyak orang punya rekam jejak, tapi rekam jejak yang biasa-biasa saja, sekarang kan kita ini dihadapi tantangan luar biasa soal teknologi, 4.0, pandemi sehingga dia harus kreatif, inovatif dan juga kolaboratif,” kata Ubaid.

Sumber: Jawapos.com

Editor: Eka G Putra


Bank BJB
Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menyelamatkan Jiwa
Bagus Santoso (Wakil Bupati Bengkalis)

Menyelamatkan Jiwa

Selasa, 11 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  11-mei.jpg

telatah ramadan

Colok Tujuh Likou

Selasa, 11 Mei 2021
Colok Tujuh Likou




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com