13 KASUS POSITIF DI SAUDI

Kemenag Minta Jamaah Umrah Patuhi 3M

Nasional | Kamis, 12 November 2020 - 16:01 WIB

Kemenag Minta Jamaah Umrah Patuhi 3M
Jamaah melakukan antrean di loket tiket sebelum berangkat umrah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Ahad (1/11/20). Sebanyak 360 orang melakukan umrah untuk pertama kali dari Indonesia. (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Sejak 1 November, Indonesia telah mengirimkan 259 jamaah umrah ke Arab Saudi. Dari total itu, diketahui ada 13 jamaah yang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 ketika di sana.

Direktur Bin Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag) Arfi Hatim pun menyampaikan bahwa pihaknya juga telah membuat mitigasi. Salah satunya dengan meminta agar jamaah melakukan isolasi sebelum berangkat.


"Ini perlu menjadi perhatian serius, ada beberapa solusi sebenarnya pada waktu berangkat. Sebelum berangkat kita (jamaah) sudah dilakukan karantina, kemudian dilakukan pcr swab tes hasilnya negatif," ujar dia di siaran YouTube BNPB Indonesia, Rabu (11/11).

Namun, dalam pelaksanaannya tentu ada risiko yang tidak bisa dihitung tergantung dari para jamaah itu sendiri. Maka dari itu, pihaknya akan melakukan kajian pada kasus itu. "Tapi kenapa pas di karantina di Saudi malah positif, ada beberapa kemungkinan dan akan kami kaji dalam konteks pencegahan dan pengendalian ibadah umrah ini," tambahnya.

Maka dari itu, dia meminta agar para perusahaan penyelenggara umrah untuk terus mensosialisasikan 3M, yaitu wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Demi menghindari kasus positif bertambah, jamaah harus patuh dalam penerapannya.

"Nanti misalnya akan ada keberangkatan lagi, para penyelenggara harus terus mensosialisaksaikan kepatuhan kedisiplinan protokol kesehatan. Selama disiplin insya Allah tidak ada masalah selama mengikuti protokol kesehatan," tegasnya.

Sumber: Jawapos.co
Editor: Rinaldi

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com