PASCAOBSERVASI DI NATUNA

Menkes: Dipastikan Sehat, WNI yang Pulang dari Wuhan Tak Dipantau Lagi

Nasional | Sabtu, 15 Februari 2020 - 18:05 WIB

 Menkes: Dipastikan Sehat, WNI yang Pulang dari Wuhan Tak Dipantau Lagi
Proses karantina terhadap 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari Wuhan, Provinsi Hubei, CINA telah usai. Selama 14 hari observasi, mereka seluruhnya dinyatakan bersih dari virus korona. Hari ini semuanya sudah mendarat di Jakarta, untuk kemudian dipulangkan ke keluarga masing-masing. (Dok. BNPB/JAWAPOS.COM)

BAGIKAN


BACA JUGA

JAKARTA(RIAUPOS.CO) – Proses karantina terhadap 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok telah usai. Selama 14 hari observasi, mereka seluruhnya dinyatakan bersih dari virus korona. Hari ini semuanya sudah mendarat di Jakarta, untuk kemudian dipulangkan ke keluarga masing-masing.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, kondisi para WNI ini dipastikan sehat sekali. Tidak ada penurunan kesehatan sejak dipulangkan dari Wuhan. Oleh karena itu, mereka tidak akan dipantau setelah kembali ke keluarga.

“Mereka dalam kondisi sehat, kalaupun dinas kesehatan sebagai tracking aja membantu kalau ada apa yang dikeluhkan,” kata Terawan di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (15/2).

Penyandang bintang 3 TNI itu pun memastikan tidak ada inkubasi terhadap para WNI ini, selama di lingkungan tempat tinggal. Semua dibebaskan melakukan kegiatan seperti biasa. Bahkan berkumpul bersama orang lain pun dibolehkan.

“Jadi Dinas Kesehatan itu hanya membantu kalau mereka ini sekarang menjadi duta-duta kesehatan. Untuk sekalian juga memberi tahu bahwa mereka itu sehat,” ucap Terawan.

Hal senada juga dikatakan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono. Namun, para WNI yang dipulangkan ini diminta memberikan informasi apabila dikemudian hari mengalami gangguan kesehatan.

“Tidak ada pengawasan khusus, tapi mereka diminta memberikan informasi apabila di hari mendatang ada yang dirasa tidak enak,” kata Anung.

Sebelumnya, Sebanyak 238 WNI tersebut telah menjalani karantina atau observasi di Natuna selama 14 hari. Adapun rincian WNI yang tiba di Halim Perdanakusumah adalah. Aceh (13), Bali (2), Bangka Belitung (1), Banten (5), Bengkulu dan DIY (2), Gorontalo (1), DKI Jakarta (16), Jambi (4), Jawa Barat (9), Jawa Tengah (10) dan Jawa Timur (65).

Kemudian dari Kalimantan Barat (4), Kalimantan Timur (15), Kalimantan Selatan (8), Kalimantan Tengah (4) dan Kepulauan Riau (2). Lalu, Lampung (1), NTB (4), Papua (5), Papua Barat (9), Riau (6), Sulawesi Barat (2), Sulawesi Selatan (16). Sulawesi Tengah (2), Sulawesi Tenggara (4), Sumatera Utara (4) dan Sumatera Barat (1).

Sumber: Jawapos.com
Editor :Deslina








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-05-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com