Isi Sensus Online Mudah dan Cepat

Nasional | Minggu, 16 Februari 2020 - 11:39 WIB

Isi Sensus Online Mudah dan Cepat

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Mulai kemarin (15/2) masyarakat sudah bisa melakukan pengisian sensus penduduk 2020 (SP2020) secara online. Proses registrasinya dan pengisian seluruh jenis pertanyaan cukup mudah. Pengisian sensus penduduk online berlangsung hingga 31 Maret mendatang.

Proses pengisian sensus penduduk online dimulai dengan mengkases laman sensus.bps.go.id. Setelah itu mengisikan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK). Jika kombinasi NIK dan nomor KK cocok, pendaftar diarahkan pada menu untuk membuat kata kunci atau password.

Setelah itu mulailah pada menu pengisian identitas dan lainnya. Total ada tiga tahapan pengisian. Mulai dari keterangan keluarga, daftar anggota keluarga, data penduduk, serta ringkasan. BPS mengklaim proses pengisian hanya membutuhkan waktu 20 menit.

Di tahap awal ada sejumlah pertanyaan yang tersedia. Seperti status kepemilikan tempat tinggal, apakah tempat tinggal menggunakan listrik, sampai apa jenis lantai terluas dalam rumah. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto berharap personelnya mulai dari pusat sampai daerah berkomitmen menyukseskan SP2020. Dia mengatakan sensus secara online merupakan terobosan dalam SP2020 ini.

Dalam kesempatan lain Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan data hasil sensus penduduk sangat penting. Informasi yang disampaikan masyarakat menentukan kebijakan ke depan. Melalui sensus itu bisa diketahui daerah mana yang membutuhkan fasilitas pendidikan, kesehatan, transportasi dan lainnya.(wan/jpg)

>>>Selengkapnya baca Harian Riau Pos




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-28.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com