WABAH CORONA

Ribuan WNI yang Pulang karena Corona

Nasional | Selasa, 19 Mei 2020 - 22:28 WIB

Ribuan WNI yang Pulang karena Corona
ILUSTRASI

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Kementerian Luar Negeri per 18 Mei 2019 tercatat 99.098 warga negara Indonesia telah pulang dari luar negeri akibat imbas pandemi virus corona (Covid-19). Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Terkait repatriasi sudah hampir 100 ribu WNI kita yang telah kembali ke Indonesia. Mereka kembali baik ABK yang sudah tak bekerja,  deportan, WNI yang visanya habis, yang totalnya tepatnya 99.098 orang," kata Retno dalam diskusi bertajuk "Silaturahim PCINU Sedunia" yang digelar oleh PBNU melalui konferensi jarak jauh, Selasa (19/5/2020).


Di antara jumlah itu, Retno merinci sebanyak 76.516 WNI telah kembali dari Malaysia. Diketahui, Pemerintah Malaysia akan memberlakukan penguncian wilayah (lockdown) setelah diperpanjang hingga 9 Juli mendatang. Selain WNI di Malaysia, Retno merinci sebanyak 16.954 warga Indonesia yang bekerja sebagai kru kapal pesiar di seluruh dunia juga telah kembali ke Indonesia. 

"Sementara yang repatriasi mandiri sebanyak 5.608 orang," tambah Retno.

Retno menjelaskan, pemerintah berusaha  memfasilitasi kepulangan WNI dari luar negeri. Menurutnya, upaya itu tak mudah di tengah lockdown dan pembatasan penerbangan yang diberlakukan banyak negara.

Retno sendiri mengatakan seluruh WNI yang kembali ke Indonesia wajib menjalankan dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai edaran Menteri Kesehatan

Upaya yang dilakukan diataranya bagi WNI yang sudah melakukan tes Swab di negara asalnya dan dinyatakan negatif akan dilakukan pemeriksaan kesehatan kembali setibanya di Indonesia. Setelah itu, mereka wajib menjalani karantina mandiri selama 14 hari di daerah asalnya. 

"Tapi kalau mereka belum bawa hasil tes PCR, tapi membawa health certificate, maka setibanya dilakukan pemeriksaan kesehatan, baik rapid test maupun PCR," kata Retno.

Selain pemulangan ke Indonesia, Retno menyatakan pemerintah telah mendistribusikan sebanyak 414.203 paket sembako bagi WNI yang masih berada di luar negeri.

Ia merinci pembagian sembako itu sudah terdistribusi di Malaysia sebanyak 370.544 paket. Lalu, sebanyak 6600 paket sembako sudah terdisitribusikan ke negara-negara asia pasifik selain Malaysia. 

Sumber: Antara/CNN/Berbagai Sumber
Editor: Hary B Koriun



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-15.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com