Pelantikan Bupati Siak dan Rohul Serentak

Nasional | Sabtu, 19 Juni 2021 - 10:12 WIB

Pelantikan Bupati Siak dan Rohul Serentak
Sudarman (Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau) (INTERNET)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menerima surat keputusan (SK) pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) terpilih pada Pilkada serentak 2020 lalu dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pelantikan tersebut akan dilaksanakan pada Senin (21/6) lusa.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau Sudarman mengatakan, dengan telah diterimanya salinan SK tersebut, maka pelantikan dapat dilaksanakan.


"SK untuk pelantikan bupati dan wakil bupati Rohul sudah kami terima. Pelantikan, Senin (21/6) nanti," kata Sudarman.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan demikian maka pelantikan kepala daerah Rohul akan disamakan dengan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih di Kabupaten Siak, Drs H Alfedri MSi dan Husni Merza.

"Jadi, Senin nanti pelantikan ada dua kepala daerah terpilih. Yakni Rohul dan Siak. Karena kepala daerah terpilih di Siak sudah terlebih dahulu keluar SK-nya dan juga sudah dijadwalkan pelantikannya," jelasnya.

Sementara itu, untuk pelantikan bupati dan wakil bupati Indragiri Hulu (Inhu) pihaknya hingga saat ini belum mendapatkan salinan SK-nya. Di mana pengusulan untuk penerbitan SK-nya sudah dikirimkan ke Kemendagri tidak berselang lama usai usulan kepala daerah Rohul.

"Untuk pelantikan bupati dan wakil bupati Inhu belum, karena SK-nya belum keluar," ujarnya.

Sudarman juga mengingatkan, saat pelantikan dua kepala daerah tersebut, akan dilakukan secara terbatas karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Para tamu yang hadir di lokasi pelantikan yakni forkopimda serta keluarga inti saja.

"Saat pelantikan tamu undangan akan dibatasi, hanya keluarga inti dan forkopimda saja. Namun masyarakat bisa menyaksikan jalannya prosesi pelantikan secara virtual," jelasnya.

Rapat Persiapan
Pemkab Rokan Hulu, Jumat (18/6), melakukan rapat persiapan pelaksanaan pelantikan bupati dan wakil bupati Rohul periode 2021-2024 yang dijadwalkan Senin (21/6) di Pekanbaru. Rapat dipimpin Asisten III Setda Rohul H Edi Suherman SH bersama kepala organisasi perangkat daerah (OPD), para Kabag dan instansi terkait di ruang rapat bupati Rohul.

Edi Suherman menyebutkan rapat persiapan pelantikan bupati dan wakil bupati Rohul periode 2021-2024 ini sebagai tindak lanjut informasi dari Biro Humas, Protokoler dan Kerjasama Setdaprov Riau yang diterima, Kamis (17/6) via WhatsApp, bahwa pelantikan bupati dan wabup Rohul bersamaan dengan pelantikan bupati dan wabup Siak, Senin (21/6) pukul 08.00 WIB di Gedung Daerah Riau, Pekanbaru.

"Jadwal pelantikan bupati Rohul tersebut telah masuk ke dalam agenda Pemprov Riau. Makanya hari ini (kemarin, red) kami laksanakan rapat persiapan pelantikan bupati dan wabup Rohul, membahas sejumlah agenda bersama OPD dan instansi terkait," tuturnya.

Diakuinya, pelantikan bupati yang dilaksanakan di ibukota provinsi dengan memauihi protokol kesehatan dan tamu undangan dibatasi. "Untuk undangan pelantikan, tamu yang hadir dibatasi, hanya 25 orang yang bisa masuk ke dalam ruangan. Terdiri ajudan, forkopimda provinsi dan Kabupaten Rohul," katanya.

Disinggung agenda bupati dan wabup Rohul periode 2021-2024 setelah dilantik secara resmi oleh Gubernur Riau H Syamsuar, Edi menjelaskan, pada hari yang sama Pemkab Rohul tidak ada agenda kegiatan.

"Pada hari Selasa (22/6), Pemkab Rohul merencanakan menyambut kedatangan Bupati dan Wabup Rohul H Sukiman dan H Indra Gunawan secara kedinasan yang dipusatkan di rumah dinas bupati Rohul," katanya.

Dari hasil rapat persiapan, jadwal penyambutan bupati dan Wabup Rohul yaitu Selasa pagi sekaligus syukuran dan doa dengan jumlah yang dibatasi dan menerapkan prokes Covid- 19.(sol/epp)

 


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  28-jul.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com