Rabu, Wakapolri Dikukuhkan Jadi Guru Besar Kehormatan Unri

Nasional | Selasa, 19 Juli 2022 - 10:46 WIB

Rabu, Wakapolri Dikukuhkan Jadi Guru Besar Kehormatan Unri
Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Prof Dr Gatot Eddy Pramono MSi (ISTIMEWA)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA akan mengukuhan guru besar kehormatan kepada Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Prof Dr Gatot Eddy Pramono MSi  sebagai profesor dalam bidang ilmu hukum (Pemolisian yang Humanis), Rabu (20/7) besok. Pengukuhan akan dilakukan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Kampus Unri Gobah, Jalan Pattimura, Pekanbaru.

Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengaku mendapat kepercayaan dari kampus ternama di Bumi Lancang Kuning itu sebagai profesor di bidang hukum. "Saya mendapat kepercayaan menjadi guru besar di Universitas Riau, universitas ternama dan salah satu ikonnya Riau," kata Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Senin (18/7).


Kata dia, ke depan gelar guru besar tersebut bisa menjadi ladang pengabdian dia untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Riau terutama di bidang pendidikan. "Ini merupakan penghargaan dan penghormatan bagi saya dari Tanah Melayu Riau, di mana saya dibesarkan," ujarnya.

Ketua Umum Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ) itu mengaku bangga karena besar dan tumbuh di Riau. Bak gayung bersambut, niat pengabdian dia disambut baik oleh Unri. "Saya dibesarkan di Riau. Saya pulang ke Riau dan keluarga, teman serta adik-adik saya berada di Riau. Saya mendapat tempat dan penghormatan yang luar biasa sebagai anak Melayu," ujar alumni SMA Negeri 1 Pekanbaru itu.

Sebelumnya, Wakapolri juga dikukuhkan sebagai dosen tidak tetap pada Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej), pada 14 Mei 2022. Pengangkatan ini dilakukan atas pertimbangan bahwa Komjen Pol Gatot Eddy Pramono memiliki keahlian dan/atau prestasi luar biasa dalam bidang Ilmu Hukum (Pemolisian yang Humanis) sehingga keilmuan dan pengalamannya sangat diperlukan di FH Unej.

Selain keahliannya, juga karena pengalaman Komjen Gatot Eddy Pramono yang sebelum menjadi Wakapolri sudah bertugas di berbagai unit kerja di Polri seperti Kapolres Metro Jaksel, Wakapolda Sulsel, dan Kapolda Metro Jaya.


Sementara itu, Sekretaris Umum PMRJ yang juga kakak tingkat Komjen Pol Gatot Eddy Pramono di SMA Negeri 1 Pekanbaru, M Suhada mengungkapkan kebanggaan yang sama karena Riau memiliki tokoh terbaik dengan jabatan strategis selaku wakapolri dan memiliki tingkat kepedulian yang tinggi.

"Tentunya kita bangga ya atas pengukuhan gelar profesor hukum Pak Gatot, beliau sangat peduli dan bangga terhadap Riau. Dan Alhamdulillah masyarakat Riau juga bangga dengan dia," katanya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Riau (UNRI) Prof Dr M Nur Mustafa MPd mengatakan, untuk persiapan pelaksanaan pengukuhkan sudah berjalan 90 persen. "Pada prinsipnya persiapannya semua sudah oke. Tinggal pelaksanaannya lagi. Tempat pengukuhannya di PKM kampus Unri Gobah Jalan Pattimura, Pekanbaru," ujar M Nur Mustafa kepada Riau Pos, Senin (18/7).

Kepanitiaan dalam pelaksanaan pengukuhannya tersebut tidak hanya dari Unri saja, tetapi juga berkolaborasi dengan pihak Polda Riau. Kemudian untuk para tamu undangan yang hadir dalam pelaksanaan pengukuhan Komjen Pol Prof Dr Gatot Eddy Pramono, MSi  tersebut terbatas.(yus/dof)








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  9-Gugust.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com