PEKANBARU

Larangan Mudik Tunggu Petunjuk Teknis

Nasional | Selasa, 20 April 2021 - 11:08 WIB

Larangan Mudik Tunggu Petunjuk Teknis
Calon penumpang yang akan mudik menunggu keberangkatan angkutan bus antar provinsi di Terminal BRPS awal Ramadan 1442 H. Pemko Pekanbaru masih menunggu jukknis dari pemerintah pusat terkait larangan mudik di hari libur Idul Fitri 1442 H. Foto diambil Selasa (13/4/2021). (MHD AKHWAN/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Pemerintah pusat melarang warganya untuk mudik di libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Untuk penerapan di daerah, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru hingga kini masih menanti petunjuk teknis (juknis) terkait aturan pelarangan itu.

Hal ini seiring Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No.13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama masa Idul Fitri 1442 H/2021 M dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.


Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso mengatakan, nantinya mereka hanya melakukan pengawasan selama arus mudik. Ada sejumlah titik untuk mengawasi aktivitas selama mudik Idul Fitri tahun ini.

"Kami hanya melakukan monitoring dan pengawasan," kata Yuliarso, Senin (19/4).

Menurutnya, mereka akan melakukan pengawasan terhadap titik posko yang ada.

Satu titik posko di antaranya yang dalam pengawasan adalah Pelabuhan Sungai Duku.

Pihaknya juga ikut menjaga posko lainnya yang ada selama mudik Idulfitri nanti bersama tim gabungan TNI dan Polri.

Yuliarso menyebut, pihaknya akan berkordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau-Provinsi Kepulauan Riau (BPTD IV Riau-Kepri) dan Dinas Perhubungan Provinsi Riau dalam pengawasan nantinya.

Dirinya mengatakan bahwa pembatasan mudik itu hanya untuk mudik antar provinsi. Ia menyebut bahwa untuk daerah yang menerapkan angkutan aglomerasi bisa mudik.

Wilayah aglomerasi adalah beberapa kabupaten atau kota yang berdekatan. Ia mencontohkan bahwa mudik dari Pekanbaru ke Kampar diperbolehkan. "Namun seperti apa teknisnya, kita lihat juknis nya nanti. Apakah yang dilarang antar provinsi atau bagaimana," singkatnya.(yls)

Laporan: M ALI NURMAN, Pekanbaru


Bank BJB
Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menyelamatkan Jiwa
Bagus Santoso (Wakil Bupati Bengkalis)

Menyelamatkan Jiwa

Selasa, 11 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  11-mei.jpg

telatah ramadan

Colok Tujuh Likou

Selasa, 11 Mei 2021
Colok Tujuh Likou




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com